androidvodic.com

Iran Merampungkan Penyelidikan awal Atas Jatuhnya Helikopter Ebrahim Raisi, Begini Hasilnya - News

Iran Merampungkan Penyelidikan awal Atas Jatuhnya Helikopter Ebrahim Raisi, Begini Hasilnya

News-Iran telah menyelesaikan penyelidikan awal atas jatuhnya helikopter kepresidenan.

Laporan tersebut menyatakan bahwa 'tidak ada hal mencurigakan yang teramati' namun menyimpulkan bahwa diperlukan lebih banyak waktu untuk penyelidikan lebih lanjut.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran pada tanggal 23 Mei merilis laporan awal oleh komite investigasi khusus yang menyelidiki kecelakaan helikopter yang menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, dan pejabat tinggi lainnya akhir pekan lalu.

“Sebagian besar informasi di berbagai bidang khusus, teknis dan umum yang mungkin terkait dengan kecelakaan itu telah dikumpulkan,” kata laporan itu, menurut kantor berita Mehr.

Dikatakan bahwa helikopter kepresidenan melanjutkan rute yang telah direncanakan setelah berangkat dari provinsi Azerbaijan Timur di barat laut Iran dan tidak “menyimpang dari jalur yang ditentukan.”

Sekitar satu setengah menit sebelum kecelakaan, pilot melakukan kontak dengan dua helikopter lain dalam konvoi presiden.

Tidak ada jejak peluru atau selongsong peluru yang dilaporkan ditemukan di reruntuhan helikopter yang jatuh tersebut.

Menurut penyelidikan, helikopter tersebut terbakar segera setelah jatuh ke gunung.

“Karena rumitnya area, kabut, dan suhu rendah, operasi pengintaian diperpanjang hingga malam hari, dan pada Senin pagi (pukul 5 pagi), dengan bantuan drone Iran, lokasi pasti kecelakaan ditemukan. Sudah jelas, dan pasukan darat dari operasi pengintaian [dan tim penyelamat] hadir pada saat itu [dan menuju ke lokasi].”

Dalam percakapan antara menara pengawas dan awak pesawat, “tidak ada yang mencurigakan” yang terlihat.

Namun laporan tersebut menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak waktu untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dalam wawancara tanggal 21 Mei di Jaringan Berita Republik Islam Iran (IRINN), Kepala Staf Raisi Gholam Hossein Esmaili – yang berada di salah satu dari dua helikopter lain dalam konvoi yang dengan selamat mencapai tujuan – menceritakan apa yang dia saksikan pada helikopter saat itu.

“Setelah salat Dzuhur, kami berangkat menuju ke arah Tabriz. Cuaca cerah, tidak ada kondisi cuaca yang perlu dikhawatirkan. Setengah jam berada di udara, sebelum sampai di tambang tembaga Sungun, ada sepetak awan kecil,” kata Esmaili.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat