androidvodic.com

Tentara AS Kritis di RS Israel Seusai Alami Kecelakaan di Dermaga Terapung Gaza - News

Diklaim Cuma Luka Ringan Saat Kecelakaan di Dermaga Apung Gaza, Tentara AS Kritis di RS Israel

News - Satu dari beberapa tentara Amerika Serikat (AS) yang mengalami kecelakaan kerja di dermaga terapung Gaza dilaporkan berada dalam kondisi kritis di rumah sakit Israel.

Sebelumnya, pihak Pasukan AS menyatakan kalau para tentara mereka tersebut hanya mengalami luka ringan non-tempur selama bekerja dalam operasi penurunan bantuan buat Gaza di dermaga apung yang dinamai 'Trident tersebut.

Baca juga: Baru Sehari Beroperasi, Dermaga Terapung Gaza Sudah Minta Korban Dua Tentara Amerika 

Seorang pejabat pertahanan AS yang tidak mau disebutkan namanya kepada Reuters, belakangan menyebut kalau ada tiga tentara AS yang mengalami kecelakaan dan satu di antaranya berada dalam kondisi kritis.

"Anggota militer tersebut dievakuasi secara medis ke rumah sakit setelah terluka di kapal di laut," menurut Wakil Laksamana AS Brad Cooper, wakil komandan Komando Pusat AS (Centcom).

Dua tentara lainnya, salah satunya menurut Cooper mengalami cedera pergelangan kaki dan yang lainnya mengalami cedera punggung ringan, telah kembali bertugas.

Cedera tersebut adalah yang pertama dialami pasukan AS dalam operasi terbaru untuk membawa bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina di Gaza, di tengah perang Gaza antara Israel dan Hamas.

Baca juga: Inilah Deretan Kapal Perang dan Pasukan yang Dibawa AS ke Pantai Gaza: Tentara Asing Injakkan Kaki?

Anggota Angkatan Darat AS, Angkatan Laut AS, dan militer Israel mendirikan Dermaga Trident, dermaga apung sementara untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan, di pantai Gaza, pada hari Kamis.
Anggota Angkatan Darat AS, Angkatan Laut AS, dan militer Israel mendirikan Dermaga Trident, dermaga apung sementara untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan, di pantai Gaza, pada hari Kamis. (Komando Pusat AS)

Baru Sehari Beroperasi

Kecelakaan kerja yang menimpa dua tentara AS ini dilaporkan terjadi sehari setelah dermaga apung dioperasikan untuk menyalurkan bantuan.

menurut apa yang dilaporkan oleh Channel 7 Israel, mereka dipindahkan ke rumah sakit melalui pelabuhan Ashdod untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

"Keadaan atau rincian kecelakaan kerja yang menyebabkan cederanya kedua tentara AS tersebut masih belum jelas, namun hal itu terjadi seiring dengan dimulainya pekerjaan yang lebih luas di pelabuhan, dan Komando Pusat AS, Centcom mengumumkan bahwa lebih dari 569 metrik ton bantuan kemanusiaan telah dikirim ke Gaza melalui dermaga sementara sejauh ini," tulis laporan tersebut.

Presiden AS Joe Biden untuk pertama kalinya mengumumkan rencana untuk mendirikan pelabuhan terapung pada awal Maret, mengingat hambatan Israel dalam mengirimkan bantuan melalui darat, yang memperburuk kondisi kemanusiaan di Gaza.

Lama di tunggu, dermaga apung buatan AS yang di bangun di tepi Pantai Gaza akhirnya resmi dioperasikan. Pasca dibuka sebanyak
Lama di tunggu, dermaga apung buatan AS yang di bangun di tepi Pantai Gaza akhirnya resmi dioperasikan. Pasca dibuka sebanyak (X)

Diserbu Warga Palestina

Pascadibukanya dermaga tersebut Rabu, sebanyak 170 metrik ton makanan kaya nutrisi serta ratusan ton bantuan kemanusian mulai dipindahkan ke truk menuju kawasan konflik Gaza.

"Lebih banyak bantuan dari AS dan negara-negara lain terus berdatangan di Siprus, dimana bantuan tersebut akan dimuat ke kapal untuk dikirim melalui dermaga," ujar Presiden Amerika Serikat Joe Biden di X.

Baca juga: Seruan Serangan Besar ke Mesir Menggema di Israel: Tolak Hamastan dan Fathistan di Gaza Pasca-Perang

Pengiriman tersebut adalah yang pertama dalam operasi yang diantisipasi oleh para pejabat militer Amerika.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat