androidvodic.com

Ribuan Jemaah Haji Padati Masjidil Haram Saat Matahari Melintas di Atas Ka'bah - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Anita K Wardhani

News, MAKKAH - Ribuan calon jemaah haji memadati Masjidil Haram Kota Mekkah, Arab Saudi, pada Senin (27/5/2024) saat Rashdul Kiblat.

Rashdul Kiblat adalah fenomena posisi matahari melintas tepat di atas Kakbah atau , di Masjidil Haram,
Menjelang fenomena tersebut terjadi, gelombang calon jemaah haji terus mengalir menuju Masjidil Haram, Kota Mekkah.

Cuaca panas dengan suhu mencapai 40 derajat celsius pun seolah tak menjadi halangan.

Para calon jemaah haji dari berbagai negara memakai alat pelindung dari panas matahari seperti kacamata anti ultraviolet, topi, dan payung.

Selain untuk menunaikan ibadah shalat dhuhur, sebagian calon jemaah haji sengaja berkunjung ke Masjidil Haram untuk melihat fenomena posisi Matahari melintas tepat di atas Kakbah.

Murniati (65), calon jemaah haji dari Medan, Sumatera Utara, misalnya, mengaku sengaja datang untuk melihat Rashdul Kiblat.

“Saya datang ke Masjidil Haram untuk melihat Rashdul Kiblat. Saya dapat informasi dari pembimbing ibadah,” tuturnya, saat ditemui seusai beribadah shalat dhuhur dan berdoa di dekat Kakbah.

Meski cahayanya menyilaukan, ia bersama sejumlah teman satu rombongan calon jemaah haji melihat matahari berada tepat di atas Kakbah.

Baca juga: Tips bagi Jemaah Haji agar Terhindar dari Mabuk Udara selama Penerbangan Haji

Saat posisi matahari tepat di atas Kakbah, para jemaah memadati Masjidil Haram untuk melaksanakan sholat berjamaah di lantai satu maupun lantai atas.

Selama beberapa menit, bayangan para jemaah maupun benda-benda mengarah ke Kakbah, di Kompleks Masjidil Haram.

Momen Luruskan Kiblat

Peristiwa Rashdul Kiblatini bisa dimanfaatkan umat Islam untuk meluruskan arah kiblat tanpa memerlukan keahlian atau peralatan khusus.

Menurut Kiai Haji Ahmad Sidiq dari Seksi Bimbingan Ibadah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Mekkah, dalam keterangan pers, pada Hari Senin (27/5) terjadi peristiwa matahari melintas di atas Kakbah, di Masjidil Haram, Mekkah, pada pukul 12.18 Waktu Arab Saudi.

Baca juga: Kemenag Klaim 98,52 Persen Jamaah Indonesia Gelombang I Baru Kali Ini Berangkat Haji

“Ini merupakan cara mudah umat muslim meluruskan arah kiblat karena setiap tanggal 27 Mei dan yang kedua setiap 16 dan 17 Juli matahari akan melintas di atas kakbah pukul 16.27 12.27 Waktu Arab Saudi,” ujarnya. Hal ini bisa dimanfaatkan umat muslim Indonesia memastikan shaf arah kiblatnya mengarah ke Mekkah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat