androidvodic.com

AS-Inggris Bombardir Hodeidah, Houthi Balas Serang Kapal Induk AS Eisenhower di Laut Merah - News

AS-Inggris Bombardir Hodeidah, Houthi Balas Serang Kapal Induk AS Eisenhower di Laut Merah

News - Kelompok Ansarallah Houthi Yaman melancarkan serangan rudal terhadap kapal induk Amerika Serikat (AS) Eisenhower di Laut Merah, Jumat (31/5/2024).

"Serangan ini diklaim sebagai balasan atas agresi AS dan Inggris di Yaman," kata juru bicara militer Houthi Yahya Saree pada Jumat.

"Enam serangan AS dan Inggris telah menewaskan 16 orang dan melukai 41 orang, termasuk warga sipil," kata Saree dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi.

Baca juga: Jenderal IDF Beberkan Skenario Runtuhnya Israel, Perang Atrisi dalam Kepungan Hamas-Hizbullah-Houthi

Agresi AS-Inggris itu dilaporkan terjadi di provinsi Hodeidah. 

Serangan menargetkan pelabuhan Salif, sebuah gedung radio di distrik Al-Hawk, kamp Ghalifa dan dua rumah, kata Saree.

Militer AS dan Inggris mengatakan mereka melancarkan serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman pada hari Kamis untuk mencegah kelompok militan tersebut mengganggu pengiriman lebih lanjut di Laut Merah.

Komando Pusat AS mengatakan serangan pasukan AS dan Inggris telah mengenai 13 sasaran di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

Baca juga: Houthi Lancarkan 6 Serangan: Berbekal Rudal Ghadr Iran, Kapal Yunani Hampir Karam di Laut Merah

Kapal induk Amerika Serikat, USS Dwight D Eisenhower melewati Selat Hormuz menuju perairan Teluk. Gambar diambil pada 26 November 2023.
Kapal induk Amerika Serikat, USS Dwight D Eisenhower melewati Selat Hormuz menuju perairan Teluk. Gambar diambil pada 26 November 2023. (US CENTCOM)

“Pasukan Komando Pusat AS bersama Angkatan Bersenjata Inggris melakukan serangan terhadap 13 sasaran Houthi di wilayah Yaman yang dikuasai teroris Houthi yang didukung Iran untuk membela diri,” kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan.

CENTCOM juga mengatakan bahwa mereka “berhasil menghancurkan delapan kendaraan udara tanpa awak (UAV) di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi yang didukung Iran dan di atas Laut Merah.”

Kementerian Pertahanan Inggris memberikan rincian lebih lanjut, dengan menyebutkan bahwa operasi gabungan tersebut menargetkan tiga lokasi spesifik di kota pesisir Hodeidah di Laut Merah.

Situs-situs ini diduga berisi drone, senjata, dan rudal permukaan-ke-udara.

“Operasi gabungan dengan pasukan AS terhadap fasilitas militer Houthi untuk menurunkan kemampuan mereka dalam melakukan serangan terhadap kapal internasional di Laut Merah dan Teluk Aden,” kata kementerian pertahanan Inggris.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan operasi gabungan tersebut menargetkan tiga lokasi di kota pelabuhan Laut Merah, Hodeidah, yang menurut mereka menampung drone dan senjata permukaan ke udara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat