androidvodic.com

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Mengundurkan Diri - News

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengundurkan diri. Bambang Susantono sebelumnya dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kepala otorita IKN pada Maret 2022.

"Pak Presiden juga sudah menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keppres tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN," kata Mensesneg Pratikno yang mengumumkan pengunduran diri Bambang Susantono di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

IKN berlokasi di Kalimantan Timur. Agenda terdekat di IKN yakni pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024.

Istana telah menggelar rapat persiapan HUT RI ke-79 pada Rabu (29/5). Dalam rapat itu, dibahas sejumlah hal mulai dari waktu pelaksanaan upacara hingga tata letak acara. Pembahasan lebih terperinci seputar tata upacara hingga logo akan digodok pada rapat berikutnya.

Pj gubernur Jakarta Heru Budi yang mengikuti rapat menyebut, upacara 17 Agustus 2024 akan lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat, katanya, tahun ini adalah tahun terakhir Presiden Jokowi mengikuti upacara 17 Agustus.

"Nanti ya kita berikan yang terbaik," kata Heru Budi kepada wartawan, Rabu (29/5).

Sosok Bambang Susantono

Dirangkum dari catatan pemberitaan detikcom, Bambang Susantono mengawali kariernya di bidang transportasi. Ia pernah menduduki posisi ketua umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini awalnya bekerja di Departemen Pekerjaan Umum. Pada 1996 dia meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley.

Karena keahliannya, Bambang juga sempat menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Ia kemudian pun ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014. Setelah tak menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, ia fokus berkarier di luar negeri. Ia dipercaya menjabat sebagai Vice President Asian Development Bank (ADB).

Di ADB Bambang juga mengawasi pengembangan publikasi dan laporan unggulan ADB tentang indikator pembangunan Asia, outlook pembangunan Asia dan indikator ekonomi. Posisi Bambang di ADB menggantikan Bindu Lohani yang telah memasuki masa pensiun.

Berkat pengalamannya tersebut, Bambang dipanggil lagi untuk bekerja di pemerintahan. Ia dilantik sebagai Kepala Otorita IKN pada 22 Maret 2022. Bambang memimpin IKN didampingi oleh wakilnya, Dhony Rahajoe. (pkp)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat