androidvodic.com

Bernie Sanders Ogah Hadiri Penyambutan Netanyahu di AS: Selagi Kalian Makan Enak, Lihatlah Gaza - News

News - Senator independen dari negara bagian Vermont, Bernie Sanders kembali menunjukkan penolakkannya terhadap hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Penolakkan ini secara vokal ia utarakan dalam pertemuan dengan anggota senator lainnya jelang kehadiran Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu ke AS.

Pada hari Senin (3/6/2024) Bernie Sanders menegaskan bahwa dirinya tidak akan menghadiri pidato Benjamin Netanyahu yang diundang pihak kongres AS dalam  sidang.

"Tidak, Tuan Presiden (Biden), saya tidak akan hadir untuk pidato itu," kata Sanders dalam pertemuan antar anggota Senat AS, seperti yang dikutip Tribunnews dari Anadolu Agency.

Sanders mengatakan dia percaya bahwa langkah AS mengundang Netanyahu dalam sidang konfres merupakan "hari yang sangat menyedihkan".

Sosok yang juga sempat bersaing dengan Joe Biden untuk menjadi capres Partai Demokrat di Pemilu 2020 lalu ini juga mengaku prihatin bagaimana Netanyahu bisa mendapatkan undangan kehormatan oleh para pemimpin dari kedua partai politik besar di AS.

Seperti yang diketahui sebelumnya, kedatangan Netanyahu ke AS sendiri untuk memenuhi undangan Ketua DPR AS Mike Johnson (Republik); Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer (Demokrat); Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell (Republik) dan Pemimpin Minoritas DPR AS Hakeem Jeffries (Demokrat).

Dalam aksi penolakannya tersebut, Bernie Sanders juga menampilkan foto-foto anak-anak kelaparan di Gaza yang diambil oleh Getty, Reuters, dan Al Jazeera

Sanders juga menyerang Ketua DPR AS Mike Johnson yang sempat mencecarnya sebagai "corong suara" bagi Hamas karena menolak menghadiri pidato Netanyahu.

"Saya ingin katakan kepada Mike Johnson bahwa ketika Anda sedang makan malam dalam penggalangan dana dengan teman-teman miliarder Anda, dan Anda menikmati steak dan lobster yang lezat serta makanan lainnya, tolong ingatlah foto-foto ini dari Gaza," kata Sanders.

Sanders juga menambahkan bahwa AS perlu ingat bahwa pemerintahan Netanyahu dengan sengaja menghalangi bantuan kemanusiaan, termasuk makanan, air, dan persediaan medis untuk Gaza.

Baca juga: Israel Diklaim Sengaja Bebaskan Tahanan Palestina yang Sakit Parah dan Kakinya Diamputasi

Dia mengutip PBB yang mengatakan bahwa sejak pertengahan Januari, setidaknya 30 anak telah meninggal karena kelaparan dan lebih dari 93.000 anak di bawah usia lima tahun telah diperiksa untuk malnutrisi.

Sanders juga menyoroti kelakuan Israel yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait gencatan senjata dan terus melakukan serangan brutalnya terhadap Gaza.

Lebih dari 36.400 warga Palestina telah tewas di wilayah tersebut dalam hampir delapan bulan konflik, sebagian besar perempuan dan anak-anak, sedangkan lebih dari 82.600 lainnya telah terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Terkait kedatangan Benjamin Netanyahu sendiri, belum ada tanggal yang ditetapkan untuk pidato Netanyahu.

Adapun rumor sebelumnya menyebut bahwa pidato Netanyahu tersebut dijadwalkan berlangsung pada 13 Juni mendatang namun hal ini masih belum bisa dikonfirmasi.

(News/Bobby)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat