androidvodic.com

Eks-Bos Mossad: Kebenaran Pahit, Hamas dan PIJ Tak Akan Dikalahkan oleh Agresi Militer Israel - News

Eks-Bos Mossad: Kebenaran Pahit, Hamas dan PIJ Tak Akan Dikalahkan Agresi Militer Israel

News - Mantan kepala Badan Intelijen Luar Negeri Israel (Mossad) kemarin menegaskan bahwa Tel Aviv tidak bisa mengalahkan Hamas dan Jihad Islam secara militer.

Sejak 7 Oktober, Israel telah melancarkan perang genosida di Jalur Gaza, menyebabkan lebih dari 118.000 warga Palestina terbunuh atau terluka, lebih dari 70 persen anak-anak dan perempuan, dan sekitar 10.000 orang hilang di tengah kehancuran besar-besaran dan kelaparan.

Baca juga: Al Qassam Ledakkan Ladang Ranjau Saat Dijejali Pasukan IDF di Rafah, Tentara Israel Hujan Mortir

Menulis di surat kabar Israel, Maariv dengan judul 'Kebenaran Pahit: Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) tidak akan dikalahkan oleh tindakan militer', Danny Yatom mengatakan: “Kami tidak dapat mencapai tujuan perang di utara [Lebanon] dan selatan [ Gaza].”

“Masih banyak sandera di terowongan Gaza, ribuan pengungsi [Israel] yang masih jauh dari rumah mereka, dan Hizbullah menghancurkan kota-kota kami di utara,” katanya

Israel memperkirakan ada 128 tawanan perang Israel yang ditahan di Gaza, sementara Hamas mengumumkan kalau lebih dari 70 di antaranya tewas dalam serangan acak yang dilancarkan Israel.

Adapun pendudukan Israel menahan setidaknya 9.500 warga Palestina di penjaranya, banyak di antaranya tanpa dakwaan atau pengadilan.

Yatom melanjutkan: “Meskipun kehadiran militer tentara Israel di seluruh Jalur Gaza, Hamas dan Jihad Islam tidak akan dikalahkan melalui tindakan militer, dan para sandera tidak akan kembali di bawah tekanan militer tanpa pengaturan politik.”

Baca juga: Tentara IDF Tewas Naik Drastis, Israel Kerahkan Ranpur Lapis Baja Pakai Remot Jarak Jauh di Rafah

Petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina, Hamas, membidik sasaran Israel menggunakan roket Yasin 105 produksi lokal.
Petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina, Hamas, membidik sasaran Israel menggunakan roket Yasin 105 produksi lokal. (khaberni)

Anggota Hamas Terus Bertumbuh

Media Amerika Serikat (AS), mengutip perkiraan intelijen, melaporkan kalau hanya sekitar sepertiga pejuang sayap bersenjata Hamas yang ditewaskan oleh Israel, selama perang Gaza yang sudah berlangsung selama delapan bulan.

Selain itu, bombardemen buta Israel di Jalur Gaza pada kenyataannya juga tak mampu berbuat banyak dalam menghancurkan infrastruktur Hamas karena sebagian besar jaringan terowongan kelompok tersebut masih utuh.

Baca juga: Jenderal Top Pentagon Ungkap Kebodohan Berulang Strategi Militer Israel di Gaza: Hamas Itu Ideologi

“Meskipun kemampuan komunikasi dan militer Hamas telah terdegradasi, hanya 30 hingga 35 persen pejuangnya – mereka yang merupakan bagian dari Hamas sebelum serangan 7 Oktober – terbunuh dan sekitar 65 persen terowongannya masih utuh,” tulis laporan Politico pada Rabu (22/5/2024), mengutip intelijen AS.

Laporan intelijen ini membuat Washington “semakin khawatir kalau Hamas mampu merekrut ribuan orang selama masa perang – ribuan orang selama beberapa bulan terakhir,”.

"Faktor ini memungkinkan para petempur Hamas “menahan serangan Israel selama berbulan-bulan,” menurut seseorang yang mengetahui informasi intelijen tersebut.

Barisan petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina, Hamas, dalam sebuah parade militer. Al-Qassam bersama faksi lain gerakan perlawanan melancarkan operasi gabungan yang menyerang Tentara Israel di Rafah dan Jabalia.
Barisan petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina, Hamas, dalam sebuah parade militer. Al-Qassam bersama faksi lain gerakan perlawanan melancarkan operasi gabungan yang menyerang Tentara Israel di Rafah dan Jabalia. (khaberni)

Israel Tak Mungkin Raih Kemenangan Mutlak

Israel sebelumnya mengklaim bahwa sekitar 12.000 pejuang Hamas dari total 30.000 orang telah terbunuh, namun hal ini dibantah oleh kelompok perlawanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat