androidvodic.com

Uni Eropa Tuntut Israel dan Hamas Setujui Proposal Joe Biden terkait Gencatan Senjata di Gaza - News

News - Pada hari Selasa (5/6/2024) ini Uni Eropa mengeluarkan pernyataan yang mendesak Israel dan Hamas untuk menerima proposal gencatan senjata yang diajukan oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden untuk Gaza.

"Uni Eropa memberikan dukungan penuhnya kepada peta jalan komprehensif yang disajikan oleh Presiden Biden, yang akan mengarah pada gencatan senjata yang berkelanjutan di Gaza, pembebasan semua sandera, dan peningkatan bantuan kemanusiaan untuk Gaza," ungkap komisi Uni Eropa dalam pernyataannya.

Dikutip Tribunnews dari Anadolu Ajansi, Pihak Uni Eropa juga menggarisbawahi situasi kemanusiaan di Gaza yang saat ini dinilai sangat memprihatinkan.

"Terlalu banyak nyawa warga sipil yang telah hilang. Gencatan senjata yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk memastikan perlindungan warga sipil, pembebasan semua sandera secara tidak bersyarat sehingga keamanan dan kesejahteraan warga segera kembali pulih" tulis Uni Eropa dalam pernyataannya.

Uni Eropa juga menilai, gencatan senjata yang disegerakan bisa memulihkan dan memperlancar aliran bantuan ke Gaza yang selama ini terhambat karena konflik dari kedua pihak yang bersiteru.

"Gencatan senjata juga diperlukan untuk meningkatkan aliran bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke Gaza mengingat krisis kemanusiaan yang semakin dalam." 

"Perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah adalah dalam kepentingan kedua bangsa, wilayah secara keseluruhan, serta secara global,"  ungkap pihak Uni Eropa.

Pihak Uni Eropa juga mengaku siap untuk berkontribusi dalam menghidupkan kembali proses politik untuk perdamaian yang berkelanjutan dan berkelanjutan dengan solusi dua negara.

Uni Eropa juga siap untuk mendukung segala upaya internasional yang terkoordinasi guna membangun kembali Gaza.

Terkait proposal yang diajukan Biden pada Jumat lalu, AS menggambarkan sebuah perjanjian tiga fase yang diperkirakan bakal berlangsung dalam beberapa tahun  ke depan guna membangun kembali Gaza.

Fase pertama akan dimulai dengan gencatan senjata enam minggu.

Baca juga: IRGC akan Balas Serangan Israel yang Tewaskan Penasihat Iran, Bakal Jadi Balas Dendam Jilid 2?

Selama periode tersebut, AS meminta sandera yang ditahan dari kedua belah pihak untuk segera dibebaskan, termasuk perempuan, orang tua, dan orang-orang yang terluka parah.

AS juga mewajibkan pasukan Israel untuk menarik diri dari daerah padat penduduk Palestina yang saat ini mereka duduki.

Selain itu, AS meminta Israel menjamin keamanan warga sipil Palestina untuk kembali ke rumah dan lingkungan mereka di seluruh Gaza, termasuk di wilayah Gaza utara yang mengalami pembatasan luas dari Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat