androidvodic.com

Mangaka Terkenal Jepang Berharap Persahabatan dengan Indonesia Terjalin Lewat Asia Koshien - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Mangaka (komikus) terkenal Jepang, pencipta Dragon Zakura, Norifusa Mita, berharap persahabatan Indonesia-Jepang dapat terjalin lewat kejuaraan Asia Koshien, kejuaraan baseball tingkat SMA khas Jepang, yang akan diselenggarakan pertengahan Desember 2024 di Jakarta nanti.

Kejuaraan baseball khas Jepang yang pertama di wilayah Asia awalnya adalah usulan Shogo Shibata, mantan pemain baseball profesional Jepang dari Klub Yomiuri Giants.

“Dia datang ke saya untuk berkonsultasi,” papar Mita Sensei khusus kepada News akhir Mei 2024.

Shogo Shibata memiliki mimpi untuk menyelenggarakan kejuaraan Koshien, kejuaraan khas Jepang merupakan salah satu budaya Jepang itu sendiri bidang bisbol.

Lalu mengapa memilih Indonesia?

“Karena Indonesia negara besar di Asia yang kami lihat berpotensi untuk menjadi tempat penyebaran olahraga baseball, untuk selanjutnya meningkatkan persahabatan terutama para remaja dengan Jepang. Mereka bisa melihat dan mengetahui langsung baseball khas Jepang yang sesungguhnya di Indonesia.”

Shibata pun membenarkan hal tersebut.

Baca juga: Komunitas Muslim di Jepang Makin Banyak, Pembangunan Masjid Meningkat, Diperkirakan Ada 133 Masjid

“Dengan diadakannya turnamen Asia Koshien, tidak hanya mengeratkan persahabatan antar negara, kita juga ingin mempromosikan budaya bisbol Jepang, khususnya di daerah Asia Tenggara. Siapapun yang berdomisili di Indonesia dan berumur 14-18 tahun, bisa mengikuti turnamen “1st Asia Koshien in Indonesia” tahun ini. Saat ini kita sedang mempersiapkan turnamen ini dengan partner dan asosiasi olahraga yang ada di Indonesia," papar Shibata khusus kepada News pula.

Mita Sensei mengaku belum pernah ke Indonesia, dan Desember 2024 mendatang merupakan kunjungan pertama ke Jakarta, tiba 16 Desember dan kembali ke Tokyo 21 Desember 2024.

“Saya dengar Indonesia sudah sangat maju berkembang, ekonomi juga sangat baik dan sangat ramai, makanan enak dan hal-hal baik lainnya sering saya dengar saat ini. Jadi saya ingin sekali ke Indonesia.”

Kepada para peserta turnamen “1st Asia Koshien in Indonesia” tahun ini, Mita Sensei berharap akan semakin erat hubungan persahabatan antar kedua negara.

Dijelaskan pula turnamen baseball Koshien di Jepang sudah berlangsung selama 120 tahun, dan terutama para orangtua sangatlah antusias sekali kepada anak-anaknya bermain baseball sejak remaja untuk kemudian melanjutkan jenjang ke baseball profesional.

Di masa mudanya Mita Sensei yang lulusan universitas Meiji itu pernah bekerja di departemen store Seibu di Tokyo, “Hanya itu saja pengalaman saya bekerja di perusahaan swasta, lalu saya kembali ke kampung halaman (kota Kitakami, prefektur Iwate) untuk membantu usaha keluarga di bidang apparel.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat