androidvodic.com

DK PBB Setujui Proposal Gencatan Senjata di Gaza, Hamas dan Palestina Sambut Baik - News

News - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada hari Senin (10/6/2024) menyutujui resolusi gencatan senjata Gaza yang diajukan oleh Presiden AS, Joe Biden.

Resolusi gencatan senjata ini mendapat dukungan luar biasa dari 14 anggota.

Sayangnya, Rusia abstain dalam memberikan suara dukungan proposal gencatan senjata Gaza ini.

Arab News melaporkan ini adalah kali kesebelas DK PBB melakukan pemungutan suara mengenai rancangan resolusi terkati Gaza.

Kali ini, Resolusi 2735 telah disahkan dan akan dibagi menjadi 3 fase.

Tahap pertama menyerukan gencatan senjata segera dan komprehensif pembebasan sandera.

Termasuk perempuan, orang tua, yang terluka, pengembalian jenazah beberapa sandera yang meninggal dan pertukaran tahanan.

Fase ini juga mencakup penarikan pasukan Israel dari gaza dan distribusi bantuan kemanusiaan yang aman di seluruh Gaza, dikutip dari Al Mayadeen.

Kemudian tahap kedua, menetapkan penghentian permusuhan secara permanen, dengan syarat adanya kesepakatan bersama antara pendudukan Israel dan Perlawanan Palestina.

Hal ini mencakup pembebasan semua tawanan yang tersisa di Gaza dan penarikan penuh pasukan Israel dari jalur yang diblokade.

Tahap terakhir, memulai rencana rekonstruksi besar-besaran selama beberapa tahun di Gaza.

Hamas dan Palestina Sambut Baik Keputusan Ini

Baca juga: Soal Gencatan Senjata di Gaza, Blinken Kembali Lakukan Perjalanan ke Timur Tengah, Hamas Desak AS

Kelompok Hamas Palestina pada hari Senin menyambut baik diadopsinya resolusi Dewan Keamanan PBB yang mendukung gencatan senjata di Gaza.

"Kami menyambut baik apa yang termasuk dalam resolusi Dewan Keamanan yang menegaskan gencatan senjata permanen di Gaza, penarikan penuh, pertukaran tahanan dan rekonstruksi," kata Hamas, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Anadolu Anjansi.

Tidak hanya itu, Hamas bersedia untuk bekerja sama dengan para mediator untuk terlibat dalam negosiasi tidak langsung mengenai penerapan prinsip-prinsip resolusi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat