androidvodic.com

Komandan Hamas Tewas di Tepi Barat dalam Bentrokan dengan Pasukan Israel - News

News - Salah seorang Komandan Hamas, Mohammed Jaber Abdo tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel di dekat Ramallah, Tepi Barat yang diduduki.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Senin malam, Hamas mengatakan Mohammed Jaber Abdo tewas bersama tiga pejuang lainnya.

Pernyataan bersama tentara dan polisi Israel pada Senin pagi mengatakan pasukan yang menyamar telah melacak seorang tersangka yang dicari dalam serangan terhadap pemukiman Yahudi di dekatnya.

Dikutip dari Arab News, kekerasan di Tepi Barat yang diduduki terus meningkat sejak dimulainya perang di Gaza.

Lebih dari 530 warga Palestina telah terbunuh oleh tembakan Israel di Tepi Barat sejak itu.

Sebagian besar tewas dalam protes yang disertai kekerasan atau serangan penangkapan Israel, yang seringkali memicu baku tembak.

DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata

Dewan Keamanan (DK) PBB resmi mendukung resolusi gencatan senjata yang diusulkan oleh Amerika Serikat (AS), Senin (10/6/2024).

Sebanyak 14 negara menyutujui proposal gencatan senjata tersebut, sementara Rusia menyatakan abstain dalam pemungutan suara.

Alasan Rusia abstain dalam pemungutan suara ini dikarenakan mempertanyakan apa yang secara khusus disetujui Israel dan mengatakan Dewan Keamanan tidak boleh menandatangani perjanjian dengan “parameter yang tidak jelas”.

"Kami tidak ingin menghalangi resolusi tersebut hanya karena, sejauh yang kami pahami, resolusi tersebut didukung oleh dunia Arab," kata Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Hamas Setujui Dewan Keamanan PBB Terapkan Resolusi AS untuk Gencatan Senjata dengan Israel

Terdapat tiga fase dalam resolusi gencatan senjata yang diajukan AS di Dewan Keamanan PBB.

Seperti diketahui, Presiden AS Joe Biden menyerukan gencatan senjata awal selama enam minggu dan pertukaran beberapa tawanan Israel yang ditahan di Gaza dengan tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Tahap kedua akan mencakup gencatan senjata permanen dan pembebasan sisa tawanan.

Sementara tahap ketiga akan melibatkan upaya rekonstruksi Jalur Gaza yang hancur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat