androidvodic.com

Sasar Paket Senjata, 9 Rudal Israel Bunuh 3 Anggota Hizbullah di Perbatasan Suriah-Lebanon - News

News - Tiga anggota Hizbullah dan dua warga Lebanon tewas dalam serangan udara Israel pada Senin (10/6/2024) tengah malam.

Serangan tersebut menargetkan konvoi truk yang memasuki Lebanon dari negara tetangga Suriah, menurut pengumuman Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dan sumber militer Suriah.

“Serangan udara Israel menargetkan konvoi truk di daerah dekat perbatasan Qusayr dengan Lebanon," kata direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rami Abdel Rahman, dikutip dari Al Araby, Selasa (11/6/2024).

"Konvoi truk tersebut sedang menuju dari Suriah ke Lebanon. Serangan itu menewaskan 5 orang, 3 di antaranya berkewarganegaraan Suriah yang bekerja dengan Hizbullah dan dua warga Lebanon," lanjutnya.

Selain itu, sedikitnya lima orang terluka dan dua lainnya hilang.

“Secara paralel, rudal pertahanan udara Suriah diluncurkan untuk menghadapi serangan Israel," kata laporan itu.

Sementara itu, sumber militer Suriah mengatakan kepada Agence France-Presse bahwa setidaknya tiga anggota Hizbullah terbunuh oleh sembilan rudal Israel yang menargetkan tanker minyak di kawasan itu.

"Serangan ini juga menargetkan sebuah bangunan di wilayah Hermel Lebanon, sekitar 140 kilometer dari perbatasan Israel, dekat wilayah Housh al-Sayyid Ali di Suriah, dan menghancurkannya sepenuhnya," kata sumber itu.

Sumber di Suriah mengatakan dua truk yang dinaiki lima orang tersebut diduga membawa pengiriman senjata dan meninggalkan markas besar Hizbullah di Kota Qusayr, Suriah menuju ke Lebanon.

Mereka mengatakan truk tersebut disertai dengan kendaraan militer milik keamanan Divisi Keempat Hizbullah, yang dipimpin oleh saudara laki-laki pemimpin rezim Suriah, Maher al-Assad.

Selama delapan bulan saling serang, Israel dan Hizbullah mengalami peningkatan jumlah korban jiwa.

Baca juga: Drone Serbu Hizbullah Serang Markas Divisi 146 Tentara Israel di Nahariya, Iron Dome Gagal Mencegat

Sedikitnya 462 orang tewas di Lebanon, termasuk sekitar 90 warga sipil dan 300 pejuang Hizbullah.

Sedangkan di pihak Israel, militernya mengumumkan pembunuhan 15 tentara dan 11 warga sipil di perbatasan Israel-Lebanon.

Sejak 8 Oktober 2023, Hizbullah menyatakan solidaritas untuk warga Palestina yang menghadapi agresi Israel di Jalur Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat