androidvodic.com

Afrika Selatan Siap Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Gaza, Sebesar 2,7 Juta Dolar AS atau Rp 44 Miliar - News

Afrika Selatan Siap Kirim Bantuan Kemanusiaan Sebesar $2,7 juta atau Rp 44 Miliar ke Gaza

News- Afrika Selatan menjanjikan bantuan kemanusiaan sebesar $2,7 juta atau atau Rp 44 Miliar ke Gaza.

Pemerintah Afrika Selatan akan memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 50 juta Rand ($2,7 juta) ke Gaza, Menteri Kehakiman Ronald Lamola mengumumkan pada konferensi di Yordania, Anadolu melaporkan.

“Selain kasus Mahkamah Internasional (ICJ), pemerintah kami telah menyetujui sumbangan sebesar 50 juta Rand untuk bantuan kemanusiaan kepada Palestina yang akan disalurkan melalui UNRWA,” jelas Lamola mewakili Presiden Cyril Ramaphosa pada acara “Call for Action : Konferensi Respon Kemanusiaan Mendesak untuk Gaza” pada hari Selasa.

Menteri berjanji bahwa Afrika Selatan akan terus mendukung respons kemanusiaan jangka panjang serta rekonstruksi Gaza sehingga warga Palestina dapat hidup damai dan bermartabat.

Israel telah menghadapi kecaman internasional atas serangan brutalnya yang terus berlanjut terhadap warga Palestina di Gaza, yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah pesisir di tengah kekurangan bahan pokok dan pembatasan Israel terhadap pengiriman bantuan. Lamola mengatakan Afrika Selatan menyambut baik resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata di Gaza.

“Negara Israel, sebagai kekuatan pendudukan, harus mengizinkan akses bantuan kemanusiaan tanpa hambatan ke Gaza. Ini adalah hukum kemanusiaan internasional… tidak boleh ada pengecualian, dan Israel tidak kebal terhadap hukum internasional,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Afrika Selatan mengakui dan mendukung peran UNRWA, Yordania dan Mesir dalam menyalurkan bantuan ke Gaza. Dia mengatakan penolakan Israel terhadap resolusi PBB dan hukum internasional menghambat pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina yang sangat membutuhkan.

Semua negara terikat oleh hukum humaniter internasional, dan ada kesalahpahaman mengapa beberapa negara, seperti Israel, percaya bahwa mereka berada di atas hukum tersebut, kata Menteri Kehakiman, sambil menekankan pentingnya akuntabilitas.

“Afrika Selatan mendukung upaya jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk meminta pertanggungjawaban semua [individu] yang bertanggung jawab atas genosida dan pembantaian di Jalur Gaza.”

Dia menyatakan kecaman Afrika Selatan atas serangan Israel di Kamp Pengungsi Nuseirat pada tanggal 8 Juni, yang menewaskan ratusan warga Palestina dan melukai ratusan lainnya.

Perang Israel terbaru dimulai pada tanggal 7 Oktober ketika Hamas, pemerintah de facto di Gaza, melintasi perbatasan dalam serangan yang menewaskan 1.200 warga Israel, banyak di antaranya akibat tank dan helikopter Pasukan Pertahanan Israel, menurut media lokal.

Gerakan perlawanan membawa sekitar 250 orang kembali ke Gaza sebagai sandera. Daerah kantong ini adalah salah satu tempat paling ramai di dunia.

Serangan Israel selanjutnya tidak hanya menewaskan sedikitnya 38.000 warga Palestina – terutama anak-anak dan perempuan – namun juga menciptakan krisis kemanusiaan dengan kekurangan makanan, bahan bakar dan obat-obatan serta air di wilayah yang perumahan dan infrastruktur sipilnya kini hanya tinggal puing-puing.

(Sumber: Middle East Monitor)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat