androidvodic.com

Penampakan T-90 Rusia yang Dicemooh Seperti Kura-kura, Kini Ditiru Oleh Lawan - News

News -- Pertempuran di garis depan perang Rusia-Ukraina mulai menunjukkan penampakan aneh.

Tank-tank yang menjadi ujung tombak untuk menghancurkan lawan di garis depan dilengkapi dengan perangkat aneh, ada keranjang besi yang melindungi bagian atas kendaraan tempur tersebut.

Penampakan tersebut mengingatkan akan film box office yang dibintangi Mel Gibson, 'Mad Max' meski penampilannya tak sama.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-840: Deplu AS Sebut Tak Ada Bukti Pelanggaran HAM Berat Brigade Azov

Sekarang Rusia pun menggunakan sangkar baja tersebut untuk tank paling baru mereka dan akhirnya juga ditiru oleh Ukraina.

Dalam foto-foto yang diunggah kementerian Pertahanan Rusia beberapa tank dilengkapi dengan modul seperti sangkar burung, ada juga yang berbentuk seperti atap.

Tampilan tank-tank tersebut memang aneh, bahkan dunia Barat pun sempat mencemoohnya sebagai kura-kura karena bentuknya yang sepintas mirip binatang lamban yang memiliki perisai di atasnya.

Namun fungsinya ternyata sangat vital. Sembilan tank andalan Amerika Serikat yang disumbangkan ke Kiev jadi korban keganasan Rusia, dengan mudah dihancurkan oleh drone murah Rusia.

Dikutip dari Military TV, modul sangkar tersebut bukannya tak berguna. Abrams Ukraina hancur karena tidak dilengkapi dengan sangkar baja.

Tank M1A1 Abrams setelah diupgrade militer Ukraina
Tank M1A1 Abrams setelah diupgrade militer Ukraina (X@Fennec_Radar)

Terbukti Abrams hancur karena drone-drone Rusia yang merajai Udara Donbass, Ukraina bagian timur.

Sementara, Rusia tak mempedulikan cemoohan tersebut. Bahkan pada tank paling mutakhirnya T-90M Proryv.

Bahkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa kini T-90M Proryv semakin 'sakti'. Ia menyebutnya tank itu sebagai tank tempur utama terbaik di dunia.

Baca juga: DK PBB Sahkan Resolusi Akhiri Perang Gaza, 14 Negara Setuju, Hanya Rusia yang Abstain

“Sistem peperangan anti-tank modern diperlukan. Tank modern juga diperlukan. Saat ini dapat dikatakan bahwa T-90M Proryv adalah tank terbaik di dunia. Begitu mendekati posisi, tidak ada peluang tersisa bagi siapa pun atau apa pun. tembakannya lebih jauh dan akurat. Selain itu, perlindungannya lebih baik,” kata Putin dikutip dari TASS, Kamis (13/6/2024).

Pemimpin Rusia itu mengutip cerita seorang pejuang Rusia tentang tank T-90 yang menghantam bom di pinggir jalan.

“Tampaknya tank tersebut melompat dan awak di dalamnya terluka bukan karena peluru itu, namun karena ia terbentur cukup keras. Tank tersebut tetap utuh,” kata presiden Rusia.

Tank T90M buatan Rusia yang dikerahkan di perang Rusia-Ukraina
Tank T90M buatan Rusia yang dikerahkan di perang Rusia-Ukraina

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat