androidvodic.com

Prabowo & Menlu AS Blinken Bahas Apa yang Bisa Indonesia Bantu Dukung Gencatan Senjata Israel-Hamas - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam kunjungannya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bertajuk Call for Action di Yordania.

Dalam pertemuan itu dibahas soal apa yang bisa Indonesia bantu untuk mendukung terwujudnya gencatan senjata antara Israel-Hamas.

Baca juga: Tentara Israel Ubah Masjid di Rafah Gaza Jadi Dapur dan Tempat Makan IDF, Dinding Dicorat-coret

"Di situ saya juga ketemu Menteri Luar Negeri AS, kita bahas apa yang Indonesia bisa bantu untuk mendukung gencatan senjata ini," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta seperti dikutip Youtube Kompas TV, Kamis (13/6/2024).

Prabowo menyampaikan Indonesia menyerukan kedua pihak, yakni Hamas dan Israel agar mengambil kesempatan resolusi gencatan senjata di Gaza.

Gencatan senjata menjadi urgensi untuk diterapkan demi menyetop pertempuran yang ikut berimbas pada nyawa dari warga sipil tak bersenjata.

"Kami memang menyerukan kedua pihak juga kepada Hamas untuk mengambil kesempatan ini untuk menghentikan pertempuran, menyelamatkan nyawa rakyat yang tidak berdosa, tidak bersenjata, non kombatan, warga sipil, ibu-ibu, anak-anak supaya bisa diselamatkan segera," kata Prabowo.

Baca juga: Video Anak-Anak Gaza Bahagia Sekali Masak Puluhan Bungkus Mi Instan: Indomie, Seleraku!

Dalam KTT tersebut, Indonesia menyatakan siap untuk mengirim tenaga kesehatan, dokter dan perawat untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza.

Kemudian Indonesia juga siap untuk kembali mengirimkan pesawat Hercules yang mengangkut bantuan kemanusiaan untuk disalurkan ke wilayah Gaza via udara, serta siap mengirim kapal rumah sakit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat