androidvodic.com

Netanyahu Bubarkan Kabinet Perang Israel, Apa yang Terjadi Selanjutnya? - News

News - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru saja membubarkan kabinet perangnya, Senin (17/6/2024).

Kabinet perang yang beranggotakan enam orang tersebut akan digantikan oleh “kabinet dapur”, Aljazeera melaporkan.

Nantinya Netanyahu dapat berkonsultasi dengan kabinet baru tersebut untuk mendapatkan nasihat mengenai perang di Gaza.

Netanyahu sebelumnya berada di bawah tekanan dari para menteri sayap kanan dalam kabinet koalisinya, yang ingin bergabung dengan kabinet perang.

Mengenal kabinet perang Israel

Kabinet perang dibentuk pada 11 Oktober 2023, beberapa hari setelah Israel menyatakan perang terhadap Gaza sebagai tanggapan atas serangan Hamas pada 7 Oktober.

Kabinet perang dibentuk sebagai badan yang lebih kecil dalam kabinet keamanan, yang merupakan bagian dari kabinet koalisi yang lebih luas.

Kabinet perang terdiri dari 6 anggota, yakni Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, saingan utamanya, mantan jenderal Benny Gantz, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, dan tiga pengamat, yakni menteri pemerintah Aryeh Deri dan Gadi Eisenkot, serta Menteri Urusan Strategis Ron Dermer.

Kabinet perang dimaksudkan untuk membuat keputusan cepat tentang jalannya perang, yang kemudian akan dikirim untuk disetujui oleh kabinet yang lebih luas.

Anggota kabinet perang, baris atas dari kiri: Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mantan jenderal Benny Gantz, Menteri Pertahanan Yoav Gallant; Baris kedua dari kiri: Aryeh Deri, Gadi Eisenkot dan Ron Dermer
Anggota kabinet perang, baris atas dari kiri: Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mantan jenderal Benny Gantz, Menteri Pertahanan Yoav Gallant; Baris kedua dari kiri: Aryeh Deri, Gadi Eisenkot dan Ron Dermer (AFP)

Apakah kabinet perang berjalan dengan lancar?

Tidak selalu.

Ketidaksepakatan dan perselisihan dilaporkan sering terjadi di dalamnya.

Pada bulan Januari, surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa pemimpin oposisi Yair Lapid mengatakan pada pertemuan partai bahwa Menhan Yoav Gallant dan Netanyahu tidak lagi berbicara satu sama lain.

Baca juga: Kabinet Perang Israel Akhirnya Bubar setelah Gantz Mundur & Netanyahu Dianggap Tak Becus

Pertemuan kabinet perang juga menjadi arena memalukan untuk menyelesaikan masalah, pertempuran dan diskusi yang tidak menghasilkan apa-apa, katanya.

Mengapa kabinet perang dibubarkan?

Pada tanggal 9 Juni 2024, Benny Gantz dan Gadi Eisenkot, keduanya dari Partai Persatuan Nasional, keluar dari kabinet perang karena kurangnya rencana untuk Gaza.

Netanyahu kemudian dilaporkan mengatakan kepada kabinet keamanannya bahwa “Tidak ada lagi kabinet perang”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat