androidvodic.com

Pemimpin Oposisi Benny Gantz Mengundurkan Diri, Netanyahu Resmi Bubarkan Kabinet Perang Israel - News

Netanyahu Resmi Bubarkan Kabinet Perang Israel, Pemimpin Oposisi Benny Gantz Mengundurkan Diri

News- Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah secara resmi membubarkan kabinet perang Israel.

Dengan meningkatnya kerugian di Gaza dan berkurangnya harapan untuk mendapatkan kembali kendali atas permukiman di utara Israel, perdana menteri Israel mengatakan keputusan militer akan dibuat 'dalam pertemuan kecil ad hoc' ke depan.

Laporan media Israel pada tanggal 17 Juni mengungkapkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah secara resmi membubarkan kabinet darurat perang – yang dibentuk pada tanggal 11 Oktober untuk mengelola kampanye melawan perlawanan Palestina dan Lebanon – dalam sebuah keputusan yang dibuat satu minggu setelah pemimpin oposisi Benny Gantz mengundurkan diri dari tubuh kabinet darurat tersebut.

“Kabinet sudah dalam kesepakatan koalisi dengan [MK Persatuan Nasional Benny] Gantz atas permintaannya. Begitu Gantz pergi – tidak diperlukan lagi kabinet,” Netanyahu dilaporkan mengatakan pada pertemuan kabinet politik-keamanan pada Minggu malam.

Menurut laporan tersebut, perdana menteri menekankan tidak akan ada kabinet baru yang dibentuk dari para pemimpin koalisi pemerintahannya, sebuah gagasan yang diajukan oleh menteri ultranasionalis Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir.

“Untuk mencapai tujuan menghilangkan kemampuan Hamas, saya membuat keputusan yang tidak selalu dapat diterima oleh eselon militer,” kata Netanyahu, seraya menambahkan:

“Kami memiliki negara dengan tentara dan bukan tentara dengan kekuatan militer"

Laporan pada Senin pagi menyoroti bahwa perdana menteri berencana “untuk membuat keputusan penting mengenai perang selama pertemuan kecil ad hoc tanpa Ben Gvir sambil mencari persetujuan akhir dari kabinet keamanan yang lebih luas.”

Keputusan Netanyahu ini diambil ketika tentara Israel mendapati dirinya berada dalam rawa yang semakin besar di Gaza dan di perbatasan dengan Lebanon di utara.

“Harapan Israel terhadap pertempuran di Rafah menyesatkan masyarakat… Hamas telah berhasil membangun kembali dirinya di Jalur Gaza,” komentator Israel untuk urusan Palestina, Ohad Hamo, mengatakan kepada Channel 12 pada hari Minggu.

Di utara Israel, serangan Hizbullah menjadi semakin tepat dalam beberapa bulan terakhir setelah kelompok perlawanan berhasil menghancurkan lebih dari 1.500 pos dan perangkat intelijen Israel.

Perdana Menteri Israel Netanyahu membubarkan Kabinet Perang

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah membubarkan Kabinet Perang yang dibentuk pada 11 Oktober 2023 setelah Israel melancarkan perang di Gaza, media pemerintah melaporkan pada hari Senin, kantor berita Anadolu melaporkan.

Menurut media penyiaran publik KAN, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir telah mengajukan permintaan kuat untuk bergabung dengan Kabinet.

Langkah ini dilakukan setelah pemimpin oposisi Benny Gantz mundur dari pemerintahan darurat awal bulan ini menyusul ketidaksepakatan mengenai strategi pascaperang di Jalur Gaza.

Awalnya termasuk Netanyahu, Gantz, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Ron Dermer, Gadi Eizenkot, dan pemimpin partai Shas Aryeh Deri.

(Sumber: Middle East Monitor, The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat