androidvodic.com

Netanyahu Mengulangi Seruan Solusi Antar-Arab di Gaza, dan Kritik AS karena Menahan Bantuan Senjata - News

Netanyahu Mengulangi Seruan untuk Solusi 'Antar-Arab' di Gaza, dan Membela Kritik Terhadap AS

News- Perdana Menteri  Benjamin Netanyahu mengulangi seruan untuk solusi 'antar-Arab' di Gaza, dan tetap mengeritik  Amerika Serikat.

Perdana Menteri mengatakan “sangatlah penting” untuk secara terbuka menegur Washington karena menahan bantuan senjata untuk Israel perang di Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memaparkan visinya untuk masa depan Gaza dalam sebuah wawancara dengan outlet Punchbowl yang berbasis di AS, yang dirilis pada 21 Juni.

“Saya pikir kita harus melakukan demiliterisasi yang berkelanjutan, yang hanya dapat dilakukan oleh Israel terhadap kebangkitan kembali upaya teroris,” kata perdana menteri.

“Tetapi saya pikir harus ada pemerintahan sipil yang tidak hanya mengatur distribusi bantuan kemanusiaan tetapi juga administrasi sipil. Hal itu harus dilakukan, menurut saya yang terbaik adalah dengan kerja sama sponsor antar-Arab dan bantuan dari negara-negara Arab,” tambahnya.

Perdana Menteri tersebut melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia memandang perlu adanya “semacam proses deradikalisasi [untuk mengajarkan orang-orang Palestina] masa depan yang berbeda dibandingkan dengan memusnahkan Israel dan membunuh setiap orang Yahudi di planet ini.”

Dia juga mengatakan rekonstruksi Gaza harus dipimpin oleh komunitas internasional.

Komentar Netanyahu sejalan dengan serangkaian dokumen yang diterbitkan oleh kantor perdana menteri bulan lalu yang merinci proyek yang dikenal sebagai “Gaza 2035.”

Rencana perdana menteri tersebut mencakup menjaga Gaza di bawah kendali keamanan Israel dalam jangka panjang, melakukan investasi besar untuk membangun kembali daerah kantong yang hancur tersebut “dari ketiadaan” dengan bantuan negara-negara Teluk, mengubah Gaza menjadi pusat perdagangan dan energi regional, dan mengeksploitasi tenaga kerja murah Palestina dan gas alam untuk keperluan jangka panjang untuk kepentingan bisnis Israel.

Inisiatif ini pada akhirnya akan menjadikan Palestina memerintah sendiri Gaza yang telah didemiliterisasi, sementara Israel tetap memiliki hak untuk bertindak melawan ancaman keamanan.

Meskipun rencana yang diusulkan AS mencakup gagasan serupa bagi warga Palestina untuk memerintah wilayah pascaperang, Netanyahu telah berulang kali melakukan penolakan publik terhadap inisiatif apa pun yang akan melibatkan Otoritas Palestina (PA) dalam upaya memerintah Gaza.

Bulan lalu, media Ibrani melaporkan bahwa Menteri Pertahanan Netanyahu Yoav Gallant telah mengusulkan rencana Gaza pascaperang yang melibatkan mempersenjatai warga Palestina yang terkait dengan PA dengan senjata ringan untuk menjaga ketertiban dan melindungi dari Hamas.

Sebagai bagian dari rencana Gallant, intelijen PA akan membantu pengelolaan sipil negara. Anggota koalisi Netanyahu, menteri sayap kanan Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir, dilaporkan menentang rencana tersebut karena akan menciptakan “infrastruktur untuk negara Palestina.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat