androidvodic.com

2 Pesawat Airbus Dilaporkan Dibawa Kabur dari Lithuania ke Iran, Transponder Dimatikan saat Terbang - News

News, VILNUS - Dua pesawat Airbus A340 bernilai ratusan juta dollar AS dikabarkan telah "dibawa kabur" dari Lithuania ke Iran.

Kabar mengejutkan ini dikutip dari pemberitaan Defencesecurityasia, yang mengunggah soal dua pesawat Airbus yang harusnya bertolak dari Lithuania ke Sri Lanka dan Filipina, namun justru mendarat di Iran.

"Pihak tak dikenal berhasil menyelundupkan dua pesawat komersial Airbus A340 milik perusahaan leasing Macka Invest yang berbasis di Gambia, menerbangkannya dari Lithuania ke Iran," demikian tulis laporan tersebut.

Dijelaskan dalam laporan mereka, media di Lituania menunjukkan bahwa salah satu pesawat Airbus A340 mendarat di Bandara Mehrabad sementara yang lainnya mendarat di Bandara Konarak, Charbahar di Iran selatan.

“Dengan ini, maskapai penerbangan Iran, Mahan Air, telah berhasil mengakuisisi dua pesawat komersial, menghindari sanksi ekonomi yang dikenakan pada negara tersebut karena program nuklirnya,” kata laporan itu.

Kedua pesawat dilaporkan mematikan transpondernya segera setelah memasuki wilayah udara Iran untuk mencegah pelacakan posisi akhir mereka.

Cara kerja teknologi transponder kira-kira mendekati kerja piranti pemancar radio yang otomatis.

Secara ringkas, transponder mempunyai tiga kegunaan.

Teknologi transponder bertugas menerima sinyal.

Kedua, teknologi transponder mampu menguatkan sinyal.

Ketiga, teknologi transponder mengirimkan sinyal melalui frekwensi tertentu.

Teknologi transponder memanfaatkan komunikasi nirkabel.

Sementara, Airbus A340 lainnya, juga milik Macka Invest yang dilarikan ke Iran awalnya ditujukan ke Filipina.

Aurelija Kuezada, Direktur Bandara Siauliai di Lithuania, berbicara kepada media lokal, mengatakan, pesawat tersebut dilarang terbang ke tujuan yang dimaksudkan karena membawa berbagai suku cadang pesawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat