androidvodic.com

Curhat ke AS, Israel Bisa Pakai Senjata Andalan demi Singkat Perang Lawan Hizbullah Lebanon - News

News - Israel dikabarkan mengirim pesan ke sekutunya, Amerika Serikat (AS), mengenai kemungkinan penggunaan senjata yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Israel mengancam akan menggunakan senjata tersebut jika terjadi perang dengan kelompok Hizbullah Lebanon yang menyerang perbatasan Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki.

“Israel mengirim pesan ke Gedung Putih yang menyatakan bahwa mereka akan menggunakan senjata yang belum pernah digunakan sebelumnya (sifatnya tidak ditentukan) untuk menghadapi kemungkinan Israel berperang dengan Hizbullah di Lebanon," kata surat kabar Channel12, Senin (24/6/2024).

Penggunaan senjata itu dimaksudnya untuk menyelesaikan perang itu dengan cepat dan tidak terseret ke dalam perang yang berkepanjangan.

Channel12 tidak merinci pihak Israel yang mengirim pesan tersebut, waktu pengirimannya, atau sifat tanggapan Amerika terhadap pesan tersebut.

Dalam pesannya, Israel mengancam, jika Hizbullah tidak segera mengambil tindakan, Israel tidak punya pilihan selain mengambil tindakan militer di Lebanon.

Israel menilai tidak akan bisa menyelesaikan perang di Lebanon tanpa menggunakan senjata dan sistem persenjataan yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Sebelumnya, Israel menolak solusi yang diusulkan oleh Amerika Serikat untuk mencegah eskalasi terhadap Hizbullah di Lebanon, dengan menghentikan invasi terhadap warga Palestina ke Rafah, Jalur Gaza selatan.

Sebagai imbalannya, Israel menuntut agar AS memberikan senjata dan amunisi sehingga siap untuk operasi militer di Lebanon.

Israel menuntut agar AS mempercepat pasokan senjatanya, yang mana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu muncul dalam sebuah video dan menuduh AS lamban mengirimkan senjata ke Israel.

Jika pasokan itu belum datang, Channel 12 mengatakan Israel akan menggunakan senjata dan sistem persenjataan yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk menghentikan Hizbullah.

Baca juga: Israel Diam-diam Pantau Persenjataan Hizbullah, Rudal Fateh 110 Jadi Ancaman Besar

Hingga kini Israel belum merilis pernyataan resmi dan Hizbullah tidak memberikan komentar mengenai pesan tersebut.

Sejak 8 Oktober 2023, Hizbullah menyatakan bergabung dengan perlawanan membela rakyat Palestina yang menghadapi agresi Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Hizbullah menyerang sasaran militer Israel di perbatasan Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, dari wilayah Lebanon selatan yang merupakan basis militer Hizbullah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat