androidvodic.com

Dana Norwegia Melepaskan Sahamnya di Raksasa Konstruksi AS Terkait Pembongkaran Rumah di Palestina - News

Dana Norwegia Melepaskan Sahamnya di Raksasa Konstruksi AS Terkait Pembongkaran Rumah di Palestina

News- Israel telah mengintensifkan perluasan ilegal pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki selama beberapa bulan terakhir, menghancurkan rumah-rumah warga Palestina, infrastruktur, dan lahan pertanian.

Dana pensiun swasta terbesar di Norwegia, Kommunal Landspensjonsskasse Gjensidig Forsikringsselska (KLP), telah melepaskan kepemilikannya di raksasa konstruksi AS Caterpillar Inc, dengan alasan “kekhawatiran” bahwa perusahaan tersebut berkontribusi terhadap penghancuran rumah-rumah warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

“Meskipun Caterpillar telah menunjukkan kesediaannya untuk terlibat dalam dialog dengan KLP, tanggapan perusahaan tersebut gagal membuktikan secara kredibel kemampuannya dalam mengurangi risiko pelanggaran hak-hak individu dalam situasi perang atau konflik, atau pelanggaran hukum internasional,” Kiran Aziz, kepala investasi bertanggung jawab perusahaan tersebut, mengatakan kepada Bloomberg.

Aziz menyoroti bahwa KLP melepas saham dan obligasi Caterpillar senilai $69 juta awal bulan ini karena peralatan perusahaan yang berbasis di Texas tersebut digunakan “untuk menghancurkan rumah-rumah dan infrastruktur Palestina guna membuka jalan bagi pemukiman Israel.”

Dia juga mengutip tuduhan bahwa peralatan Caterpillar digunakan oleh tentara Israel di Gaza.

Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB pekan lalu menyebut Caterpillar di antara beberapa perusahaan yang memasok peralatan militer kepada Israel dan mendesak investor yang memiliki saham di perusahaan-perusahaan ini untuk “mengambil tindakan.”

“Perusahaan-perusahaan ini, dengan mengirimkan senjata, suku cadang, komponen, dan amunisi ke pasukan Israel, berisiko terlibat dalam pelanggaran serius terhadap hak asasi manusia internasional dan hukum kemanusiaan internasional,” bunyi pernyataan PBB.

Laporan PBB juga mendesak lembaga keuangan barat dan perusahaan investasi seperti Bank of America, BlackRock, Citigroup, JP Morgan Chase, Harris Associates, Morgan Stanley, State Farm Mutual Automobile Insurance, dan Wells Fargo & Company – di antara banyak lainnya – untuk “mengambil tindakan ” dan mencegah pendanaan pembunuhan massal warga Palestina di Gaza.

Keputusan KLP diambil satu bulan setelah pemerintah Norwegia secara resmi mengakui negara Palestina bersama Spanyol dan Irlandia.

“Selama lebih dari 30 tahun, Norwegia telah menjadi salah satu pendukung terkuat negara Palestina. Hari ini, ketika Norwegia secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara, merupakan sebuah tonggak sejarah dalam hubungan antara Norwegia dan Palestina,” kata Menteri Luar Negeri Espen Barth Eide pada 28 Mei.

Pada hari Rabu, media Palestina melaporkan bahwa tentara Israel menghancurkan sembilan rumah di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem, dan satu lagi di wilayah Palestina yang diduduki sejak tahun 1948.

Menurut Komisi Perlawanan Tembok dan Permukiman, Israel melakukan “47 pembongkaran, mempengaruhi 66 fasilitas, termasuk 35 rumah berpenghuni, lima tidak berpenghuni, dan 15 fasilitas pertanian dan lainnya,” di seluruh Tepi Barat pada bulan Mei.

SUMBER: THE CRADLE

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat