androidvodic.com

Perjanjian INF Era Perang Dingin Tak Berlaku, Vladimir Putin Siap Produksi Rudal Jarak Menengah - News

News - Presiden Rusia Vladimir Putin membuat pengumuman baru negaranya siap memproduksi rudal jarak menengah dan jarak pendek setelah sebelumnya produksi rudal kategori ini dilarang dalam Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF) yang dibuat Rusia dengan Amerika Serikat.

Vladimir Putin menegaskan, isi Perjanjian INF sekarang sudah tidak berlaku lagi. Putin menyampaikan pengumuman tersebut secara terbuka hari Kamis, 4 Juli 2024.

Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF) diteken di era Perang Dingin yang melarang Rusia dan Amerika Serikat memproduksi rudal jarak menengah dan rudal jarak pendek.

Namun AS kemudian menarik diri dari perjanjian tersebut pada tahun 2019. Moskow memilih tetap mempertahankan larangan tersebut selama Washington juga mematuhinya.

“Seperti yang saya katakan, sehubungan dengan penarikan AS dari perjanjian ini dan pengumuman bahwa mereka akan memulai produksi, kami juga menganggap diri kami berhak untuk memulai penelitian, pengembangan, dan di masa depan, produksi,” kata Vladimir Putin pada sebuah pertemuan hari Kamis di sela konferensi pers usai KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Astana, Kazakhstan.

“Kami sedang melakukan R&D ini, dan kami siap memulai produksi. Pada prinsipnya, kami telah memberikan instruksi yang relevan kepada industri kami,” kata Vladimir Putin.

Vladimir Putin bilang, dalam pertemuan Dewan Keamanan Nasional di Moskow pekan lalu tentang kemungkinan bahwa Rusia akan melanjutkan produksi sistem rudal yang sebelumnya dilarang, dengan alasan “tindakan permusuhan” AS.

“Kita sekarang tahu bahwa AS tidak hanya memproduksi sistem rudal ini, namun juga membawanya ke Eropa, Denmark, untuk digunakan dalam latihan. Belum lama ini dikabarkan mereka berada di Filipina,” ungkap Putin saat itu.

Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dalam sebuah latihan militer.
Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dalam sebuah latihan militer. (AFP/Gints Ivuskans)

Putin mengatakan, tindakan Washington membuat Moskow tidak punya pilihan selain menghidupkan kembali program jangka menengah dan jangka pendeknya.

Dia juga menegaskan, program tersebut akan dikerahkan “berdasarkan situasi aktual, jika diperlukan.”

Perjanjian INF tahun 1987 telah melarang AS dan Uni Soviet memproduksi dan menggunakan rudal balistik dan jelajah berbasis darat – serta peluncur masing-masing – dengan jangkauan 500 hingga 5.500 km (310 hingga 3.420 mil).

Baca juga: Rusia Gertak Israel, Ancam Serang Tel Aviv Jika Ikut Campur di Konflik Ukraina

Perjanjian tersebut tidak mempengaruhi sistem berbasis udara atau laut dengan jangkauan yang sama. Hal ini membantu menurunkan ketegangan mengenai penyebaran senjata nuklir di Eropa.

Rusia sebagai penerus Uni Soviet tetap mematuhi perjanjian tersebut, sekaligus meningkatkan kekhawatiran bahwa instalasi AS di Eropa Timur – yang seolah-olah dirancang sebagai pertahanan rudal – melanggar perjanjian karena peluncur mereka juga mampu mengerahkan amunisi serangan darat.

Baca juga: Pengkhianat Rusia Ungkap Bantu Ukraina Hancurkan Kapal Perang Serpukhov

Pada tahun 2019, Washington menarik diri dari perjanjian tersebut, menuduh Moskow telah melanggar perjanjian tersebut tanpa memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat