androidvodic.com

Universitas Internasional Jepang Ajak Pengusaha Indonesia Ikut Program Master dan Doktor di Jepang - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Universitas Internasional Jepang (IUJ) menawarkan para lulusan S1 Indonesia untuk belajar pendidikan Master dan Doktor di Jepang dalam bahasa Inggris bahkan tersedia beasiswa untuk mereka.

"Kita punya berbagai beasiswa kalau mahasiswa itu pintar sekali bisa dapat 100 persen beasiswa dari kami," papar Akira Kimura, direktur eksekutif International, khusus kepada News siang ini (17/7/2024).

Sebelumnya pada tanggal 11 Juli lalu International University of Japan yang bermarkas di prefektur Niigata itu memperkenalkan kesempatan untuk belajar di sana kepada perusahaan anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan pejabat lembaga pemerintah Indonesia.

Sejak dibuka pada tahun 1982, universitas ini telah memiliki jumlah mahasiswa internasional terbesar dari Indonesia.

"Saat ini 622 lulusan master dan doktor dari IUJ adalah warga negara Indonesia dan saat ini ada 12 mahasiswa Indonesia yang belajar di IUJ," lanjutnya.

Baca juga: 3 Mahasiswa Jepang Ikuti Proyek SDM JICA, Salah Satunya Dikirim ke Indonesia

Sekitar 130 orang dari instansi pemerintah hadir pada pertemuan dengan Kadin tersebut di mana pejabat dari International University of Japan memberikan gambaran tentang universitas, dan alumni Indonesia berbagi pengalaman mereka pada acara melalui Zoom di Kadin.

International University of Japan adalah universitas pascasarjana yang terdiri dari dua departemen: Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional dan Sekolah Pascasarjana Manajemen Internasional. Kecuali untuk kursus bahasa Jepang untuk siswa internasional, semua kursus diajarkan dalam bahasa Inggris.

Pada Mei 2024 ada 374 siswa internasional. Dari jumlah tersebut, 12 adalah mahasiswa Indonesia. Sejak dibuka, total 5.193 siswa dari 143 negara dan wilayah telah menyelesaikan program ini. Sejak 1983 hingga 2023, ada 622 lulusan Indonesia yang belajar dalam program ini oleh pejabat pemerintah dan kandidat untuk posisi eksekutif di perusahaan milik negara. Ini adalah jumlah siswa terbesar kedua dari luar negeri setelah Jepang sebanyak 1.162 siswa, dan jumlah siswa internasional lainnya.

Saat ini, jumlah mahasiswa dari Indonesia terbatas pada calon birokrat dan eksekutif perusahaan Indonesia, tetapi Akira Kimura menekankan, ingin sekali melihat calon eksekutif perusahaan Jepang yang melakukan bisnis di Indonesia berasal dari lulusan Jepang terutama lulusan dari IUJ sehingga mereka dapat menjadi jembatan bagi kedua negara.

Tanggal 17 Maret 1976 Yayasan Pendirian Universitas Internasional Jepang dibentuk. Rapat Umum Promotor Universitas Internasional Jepang yang pertama telah dilaksanakan. Perwakilan Promotor International University of Japan saat itu masing-masing:

– Tadashi Sasaki, Ketua, Asosiasi Eksekutif Perusahaan Jepang
– Toshio Doko, Ketua, Federasi Organisasi Ekonomi Jepang
– Sohei Nakayama, Penasihat, Bank Industri Jepang, Ltd.
– Shigeo Nagano, Presiden, Kamar Dagang dan Industri Jepang
– Tatsuzo Mizukami, Presiden, Dewan Perdagangan Luar Negeri Jepang, Inc.

16 Maret 1979 Piagam pendirian Yayasan Pendirian Universitas Internasional Jepang diterbitkan.

16 Januari 1982 Piagam Yayasan Pendidikan Universitas Internasional Jepang disetujui. Universitas Internasional Jepang dan Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional didirikan. Pada tanggal ini, Kementerian Pendidikan menyetujui sepenuhnya dan mengakreditasi IUJ dan GSIR sebagai universitas swasta Jepang di bawah otoritasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat