androidvodic.com

Berkunjung ke Rusia untuk Pelatihan Militer, Pejabat Korea Utara Ditemukan Tewas Tenggelam - News

News - Seorang pejabat Korea Utara dilaporkan tewas tenggelam saat berenang di sebuah kolam di dekat Moskow, media Rusia melaporkan, dikutip South China Morning Post.

Outlet berita BAZA, yang sering menerbitkan informasi dari sumber-sumber di dinas keamanan dan penegak hukum, menyebut bahwa pejabat tersebut bernama Kim Geum-chol.

Ia meninggal pada 11 Juli 2024 di sebuah kolam renang umum di Zelenograd, sebuah kota sekitar 37 km barat laut dari Moskow.

Sebelumnya, Kantor berita Korea Utara KCNA melaporkan bahwa delegasi pelatihan militer elit Korea Utara telah berangkat ke Rusia pada tanggal 8 Juli.

Agenda ini adalah agenda militer pertama antara kedua negara sejak pemimpin mereka, menandatangani perjanjian kerja sama militer.

KCNA mengatakan, Kim Geum-chol, yang merupakan rektor Universitas Militer Kim Il-sung, memimpin delegasi tersebut.

Kim Geum-chol, presiden Universitas Militer Kim Il-sung, berjabat tangan dengan pejabat militer Korea Utara sebelum berangkat ke Rusia dari Pyongyang pada 8 Juli.
Kim Geum-chol, presiden Universitas Militer Kim Il-sung, berjabat tangan dengan pejabat militer Korea Utara sebelum berangkat ke Rusia dari Pyongyang pada 8 Juli. (KCNA)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersekolah di akademi militer tersebut setelah belajar di Swiss.

Kim Jong Un sudah dipersiapkan sebagai pemimpin ketiga Korea Utara setelah kakek dan ayahnya.

Kedutaan Besar Korea Utara di Moskow pada hari Rabu (18/7/2024) belum menanggapi permintaan untuk mengkonfirmasi kematian dan identitas Kim Geum-chol.

Polisi Moskow juga belum mengomentari insiden ini secara terbuka.

Polisi sedang memeriksa keadaan yang terjadi, saluran Telegram SHOT melaporkan secara terpisah.

Baca juga: Korea Utara Berang, Kutuk Pernyataan NATO Atas Menguatnya Kerjasama Militer Pyongyang-Moscow

Baik BAZA dan SHOT melaporkan pria yang meninggal itu, sedang melakukan kunjungan resmi dan tinggal di kedutaan Korea Utara di Moskow.

Dua laporan itu, tidak menyebutkan adanya hubungan pendidikan militer, hanya mengatakan bahwa pejabat itu pernah bekerja di sektor pertanian.

BAZA mengatakan, Kim Geum-chol berangkat ke Rusia ditemani oleh seorang interpreter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat