androidvodic.com

Iran dan Tiongkok Meresmikan Rute Kereta Barang Baru Melalui Turkmenistan, Perjalanan 10 Hari - News

Iran dan Tiongkok Meresmikan Rute Kereta Barang Baru Melalui Turkmenistan

News- Iran dan Tiongkok meresmikan rute kereta barang baru melalui Turkmenistan.

Republik Islam terus memperluas jalur perdagangannya dengan negara-negara sekutu sebagai bagian dari strategi untuk mengatasi sanksi sepihak Barat.

Jalur kereta api baru yang menghubungkan Tiongkok dan Iran melalui Turkmenistan diluncurkan pada 16 Juli, dengan keberangkatan kereta transit Tiongkok pertama menuju Teheran dari provinsi Shaanxi di barat laut Tiongkok.

Menurut Duta Besar Iran untuk China, Mohsen Bakhtiar, kereta tersebut diperkirakan akan tiba di Teheran sekitar 10 hari.

Setelah melewati Kazakhstan dan Turkmenistan, mereka akan memasuki Republik Islam Iran melalui pos pemeriksaan Inche–Burun.

Bakhtiar menekankan bahwa peluncuran rute ini adalah bagian dari “upaya kedutaan Iran untuk memperkuat potensi transit negara tersebut dengan memastikan pengangkutan barang-barang Tiongkok ke Asia Barat dan Eropa,” menurut Times of Central Asia.

Selama beberapa tahun terakhir, Iran telah memperluas jalur perdagangannya dengan negara-negara sekutu, terutama melalui Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional (INSTC).

Tahun lalu, mendiang presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani perjanjian untuk membangun jalur kereta api Rasht–Astara, yang diharapkan dapat meningkatkan INSTC dengan menghubungkan Asia Selatan ke Eropa utara dan berpotensi “menyaingi” Terusan Suez.

Beberapa minggu setelahnya, Raisi meresmikan mega proyek kereta api Mianeh–Tabriz tahap kedua, yang akan menghubungkan jalur kereta api Iran ke Eropa untuk pertama kalinya.

Presiden baru Masoud Pezeshkian baru-baru ini menegaskan bahwa dia akan melanjutkan jalur yang ditetapkan pendahulunya. Dia mengatakan Republik Islam akan terus memprioritaskan kerja sama bilateral dan multilateral dengan Rusia dan Tiongkok, khususnya dalam kerangka seperti BRICS, Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO), dan Uni Ekonomi Eurasia.


Kereta barang China akan memasuki Iran dari Turkmenistan

Mohsen Bakhtiar, duta besar Iran untuk Tiongkok, menulis di jejaring sosial X bahwa "Sebagai kelanjutan dari upaya Kedutaan Besar Republik Islam Iran untuk memperkuat posisi transit negara dalam pemindahan barang-barang Tiongkok ke Asia Barat dan Eropa, keberangkatan kereta Xi'an menuju Teheran dimulai dalam sebuah upacara."

Duta Besar Iran lebih lanjut menulis bahwa, "Setelah melewati wilayah Kazakhstan dan Turkmenistan, kereta api ini akan memasuki wilayah Iran dari perbatasan Incheh Borun dalam waktu 10 hari."

SUMBER: THE CRADLE, MEHRNEWS

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat