androidvodic.com

Iran Sangkal Terlibat Upaya Pembunuhan Donald Trump, Ungkit Kematian Qasem Soleimani - News

News - Pada Rabu (18/7/2024), Iran menyangkal tuduhan yang diberitakan media Amerika Serikat (AS), mengenai keterlibatan mereka dalam upaya pembunuhan Calon Presiden (Capres) Donald Trump, Arab News melaporkan.

CNN melaporkan pada hari Selasa (17/7/2024), bahwa otoritas AS menerima laporan intelijen dari "sumber manusia" beberapa minggu lalu mengenai dugaan rencana Iran terhadap Trump, yang mendorong ditingkatkannya upaya untuk melindungi mantan Presiden AS ke-45 itu.

Ada media AS lainnya yang juga melaporkan hal yang sama.

CNN menerangkan, dugaan rencana tersebut tidak terkait dengan penembakan hari Sabtu (13/7/2024), di rapat umum kampanye Trump di Pennsylvania, yang membuat Trump mengalami luka di telinganya dan satu orang pendukungnya tewas.

Dewan Keamanan Nasional AS mengaku telah melacak ancaman Iran terhadap mantan pejabat pemerintahan Trump selama bertahun-tahun, setelah Teheran mengancam akan membalas dendam atas pembunuhan komandan Garda Revolusi Qasem Soleimani pada tahun 2020.

Qasem Soleimani merupakan pejabat Iran berprofil tinggi yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di negara tetangga Irak, akhir tahun 2020 yang lalu.

Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut tuduhan bahwa Teheran mengotaki upaya pembunuhan Trump sebagai hal "tidak berdasar dan jahat."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanani mengatakan Iran "dengan tegas menolak keterlibatan apa pun dalam serangan bersenjata baru-baru ini terhadap Trump."

Namun, ia menambahkan bahwa Iran tetap "bertekad untuk mengadili Trump atas peran langsungnya dalam pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani."

Soleimani mengepalai divisi operasi luar negeri Garda Revolusi Iran, yang mengawasi operasi militer Iran di seluruh Timur Tengah.

Diketahui, Trump memerintahkan pembunuhannya dalam serangan pesawat nirawak di luar bandara Baghdad.

Baca juga: Rusia Sambut Baik Penunjukkan JD Vance, Usulan Cawapres Trump untuk Ukraina Didukung Kremlin

Trump akan melanjutkan kebijakan pro-Israel jika terpilih

Dikutip dari Al Jazeera, jika kandidat yang diusung Partai Republik itu memenangkan pemilu AS 2024 yang diselenggarakan pada November 2024 mendatang, Trump kemungkinan bakal menjalankan kebijakan pro-Israel yang sama seperti ketika ia mengemban masa jabatan presiden sebelumnya, kata Shaher Ahmed Zakaria, asisten profesor ilmu politik di Universitas Lusail Qatar.

"Saat Trump menjadi presiden, ia memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem dan mendesak negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama, jadi ia akan terus melakukan hal yang sama di masa depan," kata Zakaria kepada Al Jazeera.

"Trump juga kemungkinan akan mendukung penghentian pendanaan UNRWA, seperti yang dilakukannya sebelumnya," kata Zakaria.

lihat fotoMantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik untuk tahun 2024 Donald Trump memberi isyarat pada hari kedua Konvensi Nasional Partai Republik 2024 di Fiserv Forum di Milwaukee, Wisconsin, 16 Juli 2024. - Beberapa hari setelah ia selamat dari upaya pembunuhan, Donald Trump memenangkan nominasi resmi sebagai calon presiden dari Partai Republik dan memilih loyalis sayap kanan J.D. Vance sebagai calon wakil presiden, mengawali konvensi partai yang penuh kemenangan setelah upaya pembunuhan yang gagal akhir pekan lalu. (Photo by ANGELA WEISS / AFP)
Mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik untuk tahun 2024 Donald Trump memberi isyarat pada hari kedua Konvensi Nasional Partai Republik 2024 di Fiserv Forum di Milwaukee, Wisconsin, 16 Juli 2024. - Beberapa hari setelah ia selamat dari upaya pembunuhan, Donald Trump memenangkan nominasi resmi sebagai calon presiden dari Partai Republik dan memilih loyalis sayap kanan J.D. Vance sebagai calon wakil presiden, mengawali konvensi partai yang penuh kemenangan setelah upaya pembunuhan yang gagal akhir pekan lalu. (Photo by ANGELA WEISS / AFP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat