androidvodic.com

Israel Kikis Peluang Gencatan Senjata di Gaza, Ada 4 Poin Krusial dalam Perundingan Gencatan Senjata - News

Israel Kikis Peluang Gencatan Senjata di Gaza, Ada 4 Poin Penting dalam Perundingan Gencatan Senjata

News- Sedikitnya ada empat poin krusial  yang dimanfaatkan oleh Israel untuk mengikis peluang gencatan senjata di Gaza, sebuah Laporan mengungkapkan.

Penolakan Tel Aviv untuk menyetujui penarikan pasukan dari wilayah-wilayah penting di Gaza dan mengizinkan warga Palestina kembali ke utara menghalangi jalan menuju penghentian permusuhan.

Masih ada empat “poin krusial” dalam perundingan gencatan senjata tidak langsung antara perlawanan Palestina di Gaza dan Israel, menurut para pejabat yang berbicara dengan Bloomberg.

Yang pertama adalah terkait tahanan mana yang harus dibebaskan oleh Hamas pada tahap pertama gencatan senjata, karena kelompok perlawanan dikatakan masih menahan 120 warga Israel di Gaza,

“32 di antaranya adalah wanita, anak-anak, dan pria lanjut usia atau lemah” yang akan dibebaskan. selama enam minggu penangguhan awal permusuhan berdasarkan rancangan kesepakatan yang diusulkan oleh presiden AS.

Sumber tersebut mengatakan Hamas “bersikukuh bahwa mereka hanya menyandera 18 orang yang masih hidup dalam kelompok itu.”

Hal ini dilaporkan mendorong Tel Aviv untuk menuntut agar Palestina “mengembalikan laki-laki usia militer agar mendekati kuota 32 orang.”

Namun, Hamas telah menegaskan bahwa pembebasan pria-pria usia militer “hanya akan terjadi pada tahap kedua gencatan senjata.”

Poin penting kedua dalam pembicaraan tersebut adalah permintaan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk “mekanisme independen untuk menjamin bahwa tidak ada anggota Hamas atau Jihad Islam Palestina (PIJ) … atau persenjataan mereka yang diizinkan kembali ke Jalur Gaza bagian utara.”

Para pejabat yang berbicara dengan Bloomberg menggambarkan kondisi ini sebagai “sia-sia,” dan mengatakan bahwa gudang senjata yang tersisa di wilayah utara dapat diakses “oleh pejuang yang menyamar sebagai warga sipil.”

Selain itu, laporan harian Ibrani Yedioth Ahronoth pada hari Rabu mengungkapkan bahwa otoritas keamanan tinggi menganggap permintaan Netanyahu “tidak memiliki arti sebenarnya” karena senjata terus memasuki wilayah utara Jalur Gaza melalui terowongan bawah tanah.

Poin penting ketiga yang dilaporkan adalah tuntutan Palestina agar pasukan Israel menarik diri dari wilayah berpenduduk Gaza dan tuntutan bersama Palestina-Mesir agar Israel menarik diri dari koridor Philadelphi, sesuatu yang ditolak oleh Netanyahu, dan menyebut berlanjutnya pendudukan tentara di wilayah tersebut “penting. ”

Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa para pejabat keamanan telah mengkritik desakan Netanyahu terhadap penarikan pasukan, dan dilaporkan mengatakan kepadanya, “Tidak ada hambatan keamanan yang menghalangi transaksi tersebut.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat