androidvodic.com

Kelompok yang Serang Truk Bantuan di Gaza Rupanya Dapat Dana hingga Rp 3,2 M dari AS dan Israel - News

News - Kelompok-kelompok sayap kanan Israel yang diduga menyerang konvoi bantuan ke Jalur Gaza, telah memperoleh lebih dari $200.000 (sekitar Rp 3,2 miliar) melalui situs penggalangan dana dari donor di AS dan Israel.

Donasi kepada kelompok-kelompok tersebut mengalir ke Givechack, sebuah situs crowdfunding (penggalangan dana) Israel, dan JGive, sebuah situs crowdfunding AS dan Israel.

Laporan tersebut disarkan pada Associated Press dan situs investigasi Israel, Shomrim, yang menginspeksi sumber terbuka terhadap situs-situs tersebut dan catatan publik lainnya.

Di AS dan Israel, kontribusi amal termasuk tax-deductible.

Artinya, Wajib Pajak yang memberikan sumbangan kepada organisasi amal yang memenuhi syarat, dapat mengurangi nilai kontribusi mereka dari penghasilan kena pajak, sehingga mengurangi beban pajak mereka secara keseluruhan.

Kelompok-kelompok yang bekerja untuk menyalurkan bantuan ke Jalur Gaza, mengatakan kepada AP dan Shomrim bahwa menjadikan sumbangan tersebut tax-deductible, bertentangan dengan komitmen Amerika dan Israel yang mengizinkan makanan, air, dan obat-obatan tanpa batas masuk ke Gaza.

Salah satu kelompok yang menyabotase bantuan, Mother's March, mengumpulkan dana setara dengan lebih dari $125.000 di Givechack dan $13.000 dari JGive.

WFP menyalurkan bantuan ke Jalur Gaza
WFP menyalurkan bantuan ke Jalur Gaza (Twitter WFP)

Tzav 9 mendapatkan lebih dari $85.000 dari sekitar 1.500 donor di AS dan Israel melalui JGive.

Kelompok Tzav 9 telah memblokir konvoi bantuan dalam perjalanan ke Gaza sejak Januari.

Mereka beralasan bahwa warga Palestina tidak boleh mengakses bantuan sampai sandera yang disandera oleh Hamas pada 7 Oktober 2023 dibebaskan.

Kelompok ini mengaku bertanggung jawab memblokir pengiriman bantuan dari Yordania di Tepi Barat yang diduduki dan menggeledah pengiriman bantuan dari truk.

Baca juga: Para Penjarah Bantuan Kemanusiaan di Gaza Diberi Hadiah oleh Israel dan Amerika Serikat

Pada bulan Juni, AS memberikan sanksi kepada Tsav 9, yang juga memiliki hubungan dengan tentara cadangan Israel dan pemukim di Tepi Barat yang diduduki.

Tsav 9 disebutkan telah memblokir, mengganggu, dan merusak pengiriman bantuan.

Sanksi AS membekukan aset apa pun yang dimiliki kelompok tersebut di bawah yurisdiksi AS, dan juga melarang warga Amerika berurusan dengan kelompok tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat