androidvodic.com

Resolusi Mengenai Gaza Hanya di Atas Kertas, Menlu Rusia Sergey Lavrov Mengkritik PBB yang Lamban - News

Sergey Lavrov Kritik Kelambanan PBB, Resolusi Mengenai Gaza Hanya di Atas Kertas

News- Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, mengkritik Dewan Keamanan PBB dan mengatakan resolusinya mengenai Jalur Gaza telah gagal menghentikan pertumpahan darah di Wilayah Pendudukan Palestina, Anadolu Agency melaporkan pada hari Rabu.

Lavrov mengatakan pada pertemuan Dewan Keamanan mengenai Timur Tengah, yang dipimpin oleh Rusia, bahwa ini adalah keempat kalinya dalam 10 bulan Dewan Keamanan mengadakan pertemuan di tingkat menteri.

“Empat resolusi telah diadopsi. Namun, pertumpahan darah yang sedang berlangsung di Wilayah Pendudukan Palestina hanya menegaskan kembali bahwa semua keputusan ini hanya tinggal di atas kertas,” kata diplomat Rusia tersebut.

Lavrov mencatat bahwa “percakapan yang jujur ​​dan jujur ​​diperlukan” untuk segera menghentikan pertumpahan darah, penderitaan warga sipil, dan upaya menuju penyelesaian jangka panjang.

“Operasi militer besar-besaran yang dilakukan Israel bersama sekutu Amerika, telah menghasilkan statistik yang mengerikan dalam hal korban jiwa dan kehancuran dalam 300 hari dalam 10 bulan,” kata Menlu.

“Mari kita begini. Dalam 10 bulan, terdapat hampir 40.000 orang tewas dan 90.000 warga sipil Palestina terluka, sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan.

Jumlah ini dua kali lebih banyak dari jumlah korban sipil di kedua belah pihak selama 10 tahun konflik di tenggara Ukraina. Sepuluh bulan telah mengakibatkan korban sipil dua kali lebih banyak dibandingkan 10 tahun konflik di Ukraina setelah kudeta pada Februari 2014, kata Lavrov.

Dia mengutip pernyataan Sekretaris Jenderal Antonio Guterres pada tahun 2009 ketika menjabat sebagai Komisaris Tinggi Pengungsi, di mana dia mengatakan Gaza telah menjadi “satu-satunya konflik di dunia di mana orang bahkan tidak diperbolehkan untuk melarikan diri”.

Tidak ada yang berubah sejak saat itu; situasinya semakin memburuk. Ledakan kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Timur Tengah sebagian besar merupakan konsekuensi dari kegagalan kebijakan AS di wilayah tersebut, kata Lavrov.

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Hampir 38.800 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 89.100 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari sembilan bulan setelah serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum negara itu diinvasi pada tanggal 6 Mei.

Lavrov Mengecam Tindakan Israel di Gaza

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat