androidvodic.com

Bumil Rentan Kurang Nutrisi, Lakukan Cara ini untuk Mencegahnya - News

News - Bagi ibu hamil, kekurangan nutrisi rentan terjadi. Kondisi mual dan muntah juga bisa sebabkan kekurangan nutrisi, meskipun mual dan muntah merupakan kondisi yang wajar dialami, terutama pada trimester pertama.

Ini harus diwaspadai oleh para bumil, pasalnya, kekurangan nutrisi tidak hanya berdampak pada tubuh ibu, namun juga bisa menimbulkan efek negatif terhadap pertumbuhan dan kesehatan janin.

Agar ibu hamil dan buah hati selalu sehat, yuk lakukan tiga hal di bawah ini untuk mencegah kekurangan nutrisi selama masa kehamilan!

1. Perhatikan nutrisi harian

Setiap ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi lengkap seperti protein dan vitamin mineral, termasuk asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, DHA, dan omega 3. Maka itu, ibu harus selalu memerhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Dalam buku Nutrition Across Life Stages, disebutkan bahwa ibu hamil bisa mendapatkan asupan protein dari bahan makanan seperti daging, ikan, susu, dan kacang-kacangan. Lalu, ibu juga bisa mengonsumsi 3 porsi sayur dan 2 porsi buah setiap harinya untuk mendapatkan asupan asam folat serta antioksidan.

Tak hanya itu, ibu hamil juga wajib tahu jenis-jenis makanan seperti apa yang perlu dihindari. Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists, daging serta seafood mentah dan setengah matang, makanan yang tinggi gula dan tinggi lemak, junk food, serta makanan kalengan dan berpengawet adalah jenis yang perlu dihindari oleh para bumil.

2. Rutin konsumsi makanan sumber protein

Ibu hamil kadang lupa mengonsumsi protein dan cenderung mengonsumsi banyak karbohidrat dan lemak. Padahal dari seluruh jenis nutrisi, protein merupakan salah satu nutrisi yang paling penting dikonsumsi oleh para ibu hamil, khususnya pada periode emas kehamilan.

Melansir Klikdokter, Dokter Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa protein berfungsi meningkatkan suplai darah, sehingga memungkinkan lebih banyak darah dan nutrisi untuk dikirim ke janin. Selain itu, protein juga berperan penting dalam proses perkembangan organ tubuh Buah Hati.

Terlebih lagi, kekurangan asupan protein dapat meningkatkan risiko bayi prematur, berat bayi lahir rendah (BBLR), ibu dan bayi mudah sakit, hingga kerontokan rambut.

Jumlah kebutuhan protein saat hamil sendiri bergantung pada beberapa faktor seperti usia kehamilan, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik. Maka itu, jumlah protein yang dikonsumsi dapat disesuaikan dengan faktor-faktor tersebut agar asupan nutrisi ibu tetap seimbang dan terjaga.

3. Minum  susu hamil dengan nutrisi lengkap

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa suplemen atau vitamin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Padahal, suplemen pada umumnya tidak mengandung protein penting dan serat yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan nutrisi ibu hamil dan buah hatinya.

Untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, ibu hamil dapat mengonsumsi susu hamil dengan nutrisi lengkap protein yang tidak terdapat pada suplemen dan vitamin.

Dengan rutin meminum susu hamil bernutrisi seimbang, ibu hamil bisa mendapatkan tambahan energi, asupan tinggi zat besi, protein, kalsium, serta vitamin D3 untuk mencegah komplikasi kehamilan dan pendarahan akibat anemia. 

Selain untuk ibu, susu hamil juga punya berbagai manfaat bagi janin, lho! Sebuah penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa ibu hamil yang meminum susu hamil 150 ml per hari akan melahirkan anak yang lebih tinggi saat tumbuh menjadi remaja dibandingkan dengan anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi susu kurang dari 150 ml selama masa kehamilan.

PRENAGEN mommy mengandung nutrisi lengkap
PRENAGEN mommy mengandung nutrisi lengkap (Istimewa)

Bagi para bumil yang ingin mulai mengonsumsi susu hamil, PRENAGEN adalah produk susu hamil yang tepat dengan nutrisi lengkap, termasuk Nutrisi Makro (Protein dan Serat) serta Nutrisi Mikro (20 Vitamin dan Mineral).

Tak hanya memberikan nutrisi lengkap untuk ibu hamil dan menyusui, PRENAGEN juga hadir dengan rasa enak yang enggak bikin eneg dengan berbagai variannya!

Salah satunya adalah PRENAGEN emesis, yang memiliki nutrisi lengkap untuk mengurangi mual dan muntah dengan keunggulan formula PRENAPRO.

PRENAGEN emesis mengandung vitamin B6 dan protein tinggi yang sudah teruji secara klinis dapat mengurangi mual dan muntah hingga 90 persen. Produk susu hamil ini turut dilengkapi dengan zat besi, asam folat, serta tinggi kalsium.

Selain itu, ada juga PRENAGEN mommy yang menghadirkan nutrisi lengkap untuk para ibu di masa kehamilan. Dengan keunggulan formula PRENAPRO, PRENAGEN mommy merupakan susu sumber protein yang bermanfaat untuk membentuk organ tubuh serta imun tubuh ibu dan buah hati.

PRENAGEN mommy juga dapat menjadi sumber tenaga agar ibu hamil selalu fit dan segar, serta tinggi kandungan asam folat yang bermanfaat menghindari risiko cacat tabung saraf pada bayi, zat besi untuk mencegah pendarahan saat melahirkan, kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulang, DHA dan Omega 3 untuk perkembangan otak buah hati, dan selenium untuk mengurangi risiko hipertensi pada kehamilan.

Pastikan penuhi nutrisi lengkap Ibu dan Buah Hati selama masa kehamilan.

Penulis: Anizza Kemala | Editor: Vincent

Terkini Lainnya

  • Nutrisi Ibu Hamil

  • PRENAGEN emesis mengandung vitamin B6 dan protein tinggi yang sudah teruji secara klinis dapat mengurangi mual dan muntah hingga 90%.

  • Susu yang Lebih dari Sekadar Susu, Cocok untuk Kamu Si Paling Sibuk!

  • Nutrisi Ibu Hamil

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat