androidvodic.com

Kaya Nutrisi, 6 Asupan Pengganti Ini Bisa Dikonsumsi oleh Anak Alergi Susu Sapi - News

News - Bagi Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan, susu sapi merupakan asupan penting yang menjadi salah satu sumber nutrisi mereka. Akan tetapi, tak semua anak bisa mengonsumsi jenis asupan ini akibat alergi terhadap susu sapi.

Apa yang menyebabkan anak alergi terhadap susu sapi? Melansir Klikdokter, alergi susu sapi disebabkan oleh terganggunya fungsi sistem imunitas tubuh yang mengenali protein pada susu sapi sebagai komponen berbahaya.

Susu sapi dan produk olahannya sering ditemukan pada makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari seperti roti dan keju. Akibatnya, anak alergi susu sapi sering kali mendapat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Namun, Bunda tak perlu khawatir. Sebagai alternatif, Si Kecil dapat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang bersumber dengan kandungan nutrisi yang sama baiknya dengan nutrisi yang ada di susu sapi. Berikut di antaranya!

1) Tahu

Tahu merupakan hasil olahan kacang kedelai yang mengandung nutrisi protein, kalsium, dan Asam Amino esensial. 

Karenanya, jenis makanan ini ini bisa mengganti kebutuhan protein bagi anak alergi susu sapi serta bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang anak. 

2) Telur ayam

Meski alergi dengan susu sapi, belum tentu anak juga alergi dengan protein hewani lainnya. Maka itu, Bunda dapat memastikan kebutuhan protein Si Kecil terpenuhi dengan memberikan asupan yang bersumber dari jenis protein hewani lainnya.

Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah telur ayam. Melansir Klikdokter, telur ayam mengandung kadar protein tinggi sebesar 13 gram/100 gram. Selain itu, telur juga merupakan jenis protein hewani yang dapat membantu anak dalam memenuhi kebutuhan Asam Amino esensial.

3) Brokoli

Brokoli memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta zat bermanfaat lainnya seperti serat, zat besi, selenium, potasium, dan magnesium. 

Jenis sayuran ini pun kaya akan vitamin A, C, E, K dan asam folat yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan anak. 

4) Jeruk

Jeruk adalah buah dengan kandungan kalsium tinggi. Melansir KlikDokter, dalam 100 gram jeruk terdapat 40 mg kalsium dan 53,2 mg vitamin C. 

Dengan kandungan nutrisinya, jeruk dapat dijadikan makanan tambahan sebagai pengganti susu sapi, tentunya dalam kadar yang cukup.  

5) Kacang-kacangan 

Kacang adalah sumber kalsium nabati yang dapat dikonsumsi oleh anak alergi susu sapi. Secangkir kacang memiliki lebih dari 191 mg kalsium. 

Sebagai variasi, Bunda bisa menyajikan makanan yang diolah dari kacang untuk menu sarapan ataupun camilan Si Kecil. 

6) Susu soya

Susu kedelai atau susu soya juga bisa jadi alternatif susu sapi yang cocok untuk anak lho, Bun!

Susu soya memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga bisa menjadi sumber nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Melansir Klikdokter, susu soya mengandung protein yang berbeda dengan protein yang terdapat dalam susu sapi. Protein yang terkandung dalam susu soya tersebut aman untuk dikonsumsi oleh Si Kecil yang alergi susu sapi maupun intoleransi laktosa.  

Dengan mengonsumsi susu soya, anak tidak akan mengalami gejala-gejala yang diakibatkan oleh alergi susu sapi seperti batuk, hidung tersumbat, mata berair, bentol-bentol, serta mual dan muntah. 

Tak hanya itu, susu soya ternyata lebih rendah kalori, gula, dan lemak! Ini jadi kelebihan lain dari produk alternatif susu ini. Pasalnya, asupan gula yang berlebihan juga dapat berdampak buruk pada kesehatan anak.

Kaya akan manfaat, susu soya tidak hanya menjadi pilihan yang aman, tetapi juga merupakan sumber nutrisi lengkap dan menjadi alternatif yang tepat untuk Si Kecil yang tidak dapat mengonsumsi susu sapi.

Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifidus sebagai pengganti konsumsi susu anak yang alergi susu sapi
Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifidus sebagai pengganti konsumsi susu anak yang alergi susu sapi (Istimewa)

Salah satu produk susu soya yang bisa dikonsumsi oleh anak alergi susu sapi adalah Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifidus

Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifidus kini lebih disempurnakan kandungan nutrisinya, lebih tinggi DHA dan tinggi protein, sesuai dengan kebutuhan Si Kecil usia 1-3 tahun, serta dilengkapi dengan probiotik Triple Bifidus yang teruji klinis dapat menurunkan gejala alergi.

Morinaga Chil Kid Soya siap mendukung pertumbuhan Si Kecil yang tidak cocok susu sapi menjadi Anak Juara dengan nutrisi BUKAN SOYA BIASA.

Susu soya ini pun dilengkapi dengan isolat protein kedelai dengan 9 Asam Amino Esensial + Sistein + Tirosin + Metionin, sehingga menyerupai ASI untuk mendukung tumbuh kembang optimal. 

Terlebih lagi, Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifidus kini hadir dengan formula yang disempurnakan! Mengandung 15 vitamin & 9 Mineral, termasuk Kalsium dan Vitamin D, produk susu soya ini dapat mendukung tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun dengan lebih optimal. 

Dengan kandungan Prebiotik FOS, Kolin, AA, AL, AAL, Zat Besi, serta tinggi DHA (20 mg/saji), mengonsumsi Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifidus bermanfaat menunjang perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan sang buah hati.

Sekarang, Bunda tak perlu lagi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang alergi susu sapi. Untuk tumbuh kembang anak yang optimal, Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifidus adalah jawabannya!

Penulis: M. Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

  • Anak Alergi

  • Anak alergi susu sapi? Berikut 6 asupan pengganti yang bisa dikonsumsi!

  • Susu yang Lebih dari Sekadar Susu, Cocok untuk Kamu Si Paling Sibuk!

  • Anak Alergi

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat