androidvodic.com

Tips Anak Tidak Bosan Minum Susu, Proteinnya Penting untuk Tumbuh Kembang - News

News, JAKARTA - Bunda pastinya tahu, pemenuhan nutrisi merupakan hal yang penting dalam mendukung tumbuh kembang serta menjaga daya tahan tubuh anak. Salah satu nutrisi yang harus ada dalam asupan makan anak adalah protein

Melansir Klikdokter, protein memiliki peranan penting dalam menunjang pertumbuhan anak, tepatnya untuk pertumbuhan otot, perkembangan organ, dan pembentukan hormon serta enzim.

Yang tak kalah penting, protein juga berfungsi menjaga imunitas anak agar tidak mudah sakit.

Itulah mengapa penting bagi Bunda untuk memperhatikan kadar konsumsi protein bagi sang buah hati. 

Sebagai pedoman untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, termasuk kebutuhan proteinnya, bunda dapat mengikuti panduan “Isi Piringku”. 

Selain makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan yang terdapat dalam panduan tersebut, susu dapat menjadi pelengkap bagi kesempurnaan gizi seimbang bagi tubuh anak. 

Tips Mengatasi Rasa Bosan Si Kecil pada Susu

Susu mengandung berbagai nutrisi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang dan meningkatkan daya tahan tubuh anak, termasuk protein.

Akan tetapi, tak jarang orang tua menemui permasalahan dalam memenuhi kebutuhan protein si Kecil, terlebih ketika anak merasa bosan minum susu. 

Jika buah hati merasa enggan minum susu karena bosan, jangan menyerah ya, Bunda! Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan anak terhadap susu. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa Bunda coba terapkan:

1. Ajaklah Si Kecil membuat susunya sendiri
Agar anak kembali bersemangat minum susu, Bunda bisa mengajaknya untuk membuat susunya sendiri. Umumnya, cara ini dapat membangkitkan semangatnya karena anak cenderung akan menghargai susu yang dibuatnya sendiri. 

Tentunya peran Bunda tetap diperlukan agar anak menghabiskan susunya, yaitu dengan memberikan afirmasi positif atas usahanya dan edukasi singkat akan pentingnya susu bagi buah hati.

Selain bisa mengatasi rasa bosan anak pada susu, tips ini bisa Bunda jadikan sebagai momen untuk mengajari si Kecil mandiri dan mengakrabkan diri dengannya, lho!

2. Ganti alat minumnya dengan gelas atau botol yang lucu
Ya, mengganti botol minum atau gelas anak dapat membuatnya bersemangat dan tertarik untuk meneguk susu yang Bunda berikan. 

Jika si Kecil memiliki tokoh kartun favorit, Bunda bisa mengganti gelas atau botol minumnya sesuai dengan tokoh kartun ataupun warna favoritnya. 

Nah, agar ia makin bersemangat dan ceria, saatnya ajak anak membeli gelas atau botol minumnya dan biarkan ia memilih sendiri. 

3. Sajikan susu dengan menarik
Jika anak tidak mau minum susu karena bosan, Bunda bisa berkreasi dalam hal menyajikan susu untuknya. 

Untuk menu sarapan misalnya, Bunda dapat menghidangkan susu anak yang dikombinasikan dengan sereal atau oatmeal dengan gizi seimbang.  Agar minum susu lebih berkesan bagi buah hati, Bunda juga bisa menyajikan susu bersama camilan favoritnya seperti biskuit. 

Membuatkan kreasi camilan dari susu seperti puding susu maupun es jelly susu juga bisa jadi ide sajian yang lezat nan bergizi untuk anak. 

4. Libatkan si Kecil dalam proses pemilihan susu
Pada umumnya, anak-anak akan senang ketika diberi pilihan. Walaupun belum memahami betul tentang apa yang dipilihnya, namun diberikan kebebasan untuk memilih yang disukainya dapat menimbulkan perasaan senang dalam diri si Kecil. 

Hal ini tentu dapat membangkitkan semangatnya untuk kembali minum susu. Nah, jika keesokan harinya ia enggan meneguk susunya, Bunda bisa mengingatkan lagi kalau susu ini adalah susu yang dipilihnya saat berbelanja di supermarket.

5. Beri anak varian susu yang berbeda
Pada masa pertumbuhan, anak sangat senang mengeksplorasi hal baru seperti bentuk, warna, maupun rasa. Nah, untuk mengatasi kebosanan anak pada susu, Bunda bisa coba berikan varian rasa susu yang berbeda dari biasanya. 

Jika biasanya Bunda memberikan rasa susu yang plain (original), sekarang Bunda bisa memilih Morinaga Chil* Go, susu anak dengan pilihan rasa madu dan vanilla yang enak banget!

Morinaga Chil* Go Powder

Selain membantu mendorong si Kecil kembali bersemangat minum susu dengan rasa enak yang pasti disukai anak, susu bubuk Morinaga Chil* Go!  juga dapat bantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak. 

Susu bubuk Morinaga Chil* Go! mengandung protein dan asam amino esensial. Asam amino esensial yang terkandung dalam susu anak ini merupakan unsur penting pembentuk protein, yang bermanfaat sebagai nutrisi untuk tumbuh kembang sesuai tahapan usianya dan daya tahan tubuh anak untuk mendukung aktivitasnya. 

Selain itu, Morinaga Chil* Go! juga mengandung serat pangan inulin, tinggi kalsium, serta dilengkapi minyak ikan, Omega 3, Omega 6, Kolin, 14 Vitamin dan 7 mineral.

Tak hanya susu bubuk, Morinaga Chil* Go! juga tersedia dalam bentuk susu cair praktis yang bisa dijadikan sebagai cemilan enak bernutrisi bagi Si Kecil! 

Bunda pun dapat memberikan pilihan untuk buah hati, karena susu cair ini tersedia dalam 5 varian rasa, yaitu coklat, vanila, stroberi, melon, dan rasa original yang lebih rendah gula.

Yuk Bunda, kita dukung anak-anak Indonesia bertumbuh kembang dengan optimal dan sehat dengan 6 kebaikan di dalam segelas susu bubuk Morinaga Chil* Go!

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat