androidvodic.com

Tips Berpuasa untuk Tetap Menjaga Kesehatan Jantung - News

News - Memasuki Bulan Ramadan, umat Muslim di seluruh penjuru dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Tak hanya sekadar menahan lapar dan haus, ternyata berpuasa juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk jantung.

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Maka dari itu, menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting bagi kita semua. 

Berikut adalah empat manfaat dari berpuasa untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

1) Melatih ritme jantung

Dosen Keperawatan Gadar Kritis dan Keperawatan Medical Bedah FIK UM Surabaya mengungkapkan bahwa berpuasa dapat melatih ritme jantung secara periodik. Dengan ritme jantung yang terlatih, aliran darah pun akan lebih lancar. Namun, manfaat ini bisa didapatkan dengan pola makan yang sehat selama Bulan Ramadan, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Selain itu, Dr. Ahmad Muhammad Diponegoro dari Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan menyebut bahwa berpuasa yang mewajibkan menahan rasa marah juga membantu kondisi psikologis kita menjadi lebih tenang, sehingga tingkat adrenalin pun menurun. Hal ini pun bermanfaat bagi kesehatan jantung serta pembuluh darah.

2) Mengurangi risiko penyakit jantung koroner

Menurut hasil penelitian dalam jurnal Chest pada tahun 2020 dengan judul Ramadan Fasting and Coronary Artery Disease in Patients Who Underwent Coronary Catheterization, selama Bulan Ramadan jumlah pasien yang mengalami penyakit jantung koroner mengalami penurunan menjadi 48 orang (62,3 persen) bila dibandingkan dengan sebelum Ramadan (89 orang, 82,4 persen) dan setelah Ramadan (53 orang, 72,6 persen).

Dalam penelitian lain yang berjudul 'Effects of Ramadan fasting on cardiovascular risk factors: a prospective observational study', berkurangnya risiko penyakit jantung koroner juga terkait dengan perubahan gaya hidup di Bulan Ramadan, terutama perubahan pola makan, sehingga level HDL (kolesterol baik) dapat meningkat dan level LDL (kolesterol jahat) pun menurun.

Hal ini menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner, yang merupakan penyakit jantung yang menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian di dunia.

3) Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol

Manfaat lain dari berpuasa yang sudah terbukti lewat berbagai penelitian adalah membantu menurunkan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol

Tekananan darah dan kolesterol sendiri memang terkait erat dengan kesehatan jantung. Melansir KlikDokter, penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat pada orang dewasa muda berusia 18-39 tahun menemukan bahwa tingkat kadar kolesterol LDL serta tekanan darah yang tinggi di usia tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta gagal jantung di kemudian hari hingga memasuki masa lanjut usia. 

Namun, aktivitas puasa dapat membantu untuk mencegah risiko tersebut. Menurut tim dokter Pusat Jantung Nasional Harapan Kita dr. Mira Fauziah, saat seseorang berpuasa, tubuh akan memecah simpanan glukosa di dalam tubuh untuk dijadikan energi yang disebut sebagai proses glukoneogenesis. 

Proses ini memungkinkan terjadinya penurunan kadar kolesterol LDL dan peningkatan HDL. Dengan tekanan darah serta kadar kolesterol yang terkontrol, proses glukoneogenesis turut membawa manfaat positif bagi kesehatan jantung

Tentunya dalam menjalankan ibadah puasa, nutrisi yang Anda pilih saat sahur maupun berbuka puasa haruslah yang bisa menjaga daya tahan tubuh sekaligus membantu kesehatan jantung. Hal ini sangat penting, terutama bagi Anda yang sudah berusia di atas 40 tahun. 

Pasalnya, risiko terkena serangan jantung, stroke dan juga gagal jantung akan meningkat seiring bertambahnya usia, sehingga pemilihan makanan yang tepat selama bulan puasa dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

entrasol gold april

Entrasol Gold menjadi salah satu asupan nutrisi yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan jantung, termasuk di Bulan Ramadan seperti saat ini.  Selain tinggi kalsium, vitamin D, dan serat, susu dewasa ini turut diperkaya dengan ekstrak buah zaitun.

Kandungan ekstrak buah zaitun yang terdapat dalam Entrasol Gold bermanfaat membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga kelancaran peredaran darah, serta mencegah osteoporosis. Selain itu, ekstrak buah zaitun mengandung zat aktif hydroxytyrosol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C.

Tak hanya itu, susu dengan kebaikan ekstrak buah zaitun ini hadir tanpa penambahan gula, komposisi kalsium yang lebih pas, juga lebih rendah laktosa dan rendah lemak, sehingga Anda tak perlu khawatir saat mengonsumsinya. 

Dengan formula baru dan rasa lebih enak, Entrasol Gold tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu Vanilla, Chocolate, serta Original. 

Saatnya jaga kesehatan jantung dengan berpuasa di Bulan Ramadan tahun ini bersama Entrasol Gold!

Penulis: Nurfina Fitri | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

  • Nutrisi Dewasa

  • berpuasa juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk jantung.

  • Sambut Musim Libur Sekolah, Ini 5 Aktivitas Seru untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

  • Nutrisi Dewasa

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat