androidvodic.com

Gula Darah Terkontrol Dukung Imun Tubuh Meningkat, Terapkan 4 Tips Ini! - News

News - Menjaga kadar gula darah terkontrol merupakan hal yang penting bagi semua orang, terutama para penyandang diabetes. Pasalnya, gula darah berfungsi sebagai asupan energi bagi organ-organ tubuh yang dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Terlebih, pasca mudik lebaran, Pemerintah mengumumkan bahwa terdapat peningkatan angka kasus harian Covid-19. Berdasarkan laporan Tribunnews per Senin (15/5/2023), terdapat 16.677 konfirmasi kasus aktif Covid-19 di Indonesia dengan 21 kasus kematian. Total kematian akibat Covid-19 mencapai 161.630 orang.

Seperti yang diketahui, diabetes merupakan salah satu penyakit penyerta atau komorbid yang dapat memperburuk infeksi Covid-19. Mengutip dari KlikDokter, diabetesi yang terinfeksi Covid-19 berisiko tinggi untuk mengalami perburukan kondisi dibandingkan yang tidak mengalami penyakit diabetes. 

Hal ini dikarenakan terjadi peningkatan kadar gula darah pada diabetesi dan risiko komplikasi yang sudah dialaminya menyebabkan kondisi yang lebih buruk. Di samping itu, adanya penurunan imun tubuh pada diabetesi juga membuat tubuh lebih sulit untuk mengantisipasi adanya virus yang masuk, termasuk Covid-19.

Mengingat risiko tersebut, penting bagi kita untuk memiliki sistem imun yang kuat, salah satunya dengan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.  

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh sekaligus mengontrol kadar gula darah.

1. Hindari stres

Stres dapat menjadi pemicu dari berbagai jenis penyakit. Ketika seseorang mengalami stres, kadar gula darah akan meningkat sementara sel darah putih berkurang. Hal inilah yang dapat dapat menurunkan sistem imun

Selain itu, ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang juga berpotensi menurunkan daya tahan tubuh.

Karenanya, penting bagi diabetesi untung menghindari dan mengelola stres dengan baik agar kadar gula darah tetap stabil. Dengan mencegah stres, sistem imun pun akan tetap kuat sehingga tubuh terjaga dari berbagai penyakit.

2. Konsumsi nutrisi diabetes yang tepat

Mengatur pola makan sehat dan gizi seimbang dengan nutrisi yang tepat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk memelihara dan meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai penyakit. 

Hal ini juga dapat membantu menjaga gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol, baik untuk para penyandang diabetes maupun yang bukan.

Bagi para diabetesi, salah satu pola makan yang bisa diterapkan adalah prinsip 3J, yaitu tepat jadwal, jumlah, dan jenis makanan. Lalu, perbanyaklah mengonsumsi asupan kaya antioksidan, vitamin, dan mineral yang cukup seperti Vitamin C, E, D, dan zinc, terutama buah dan sayuran. 

3. Perhatikan asupan gula harian

Yang tak kalah penting, kita juga perlu memerhatikan asupan gula harian. Tubuh memang membutuhkan asupan gula demi menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Namun jangan sampai berlebihan karena kadar gula darah yang tinggi bisa membahayakan terutama bagi penyandang diabetes.

Perlu diketahui, menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), batas maksimal konsumsi gula adalah 50 gram per hari atau setara 4 sendok makan. Sementara itu bagi diabetesi jumlah yang dianjurkan adalah kurang dari 50 gram per hari. 

4. Rutin berolahraga

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur dapat menjaga kadar gula darah sekaligus membantu meningkatkan imun tubuh, termasuk juga bagi para penyandang diabetes. 

Berolahraga secara rutin juga dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah, sehingga nutrisi dalam tubuh pun dapat tersalurkan dengan baik.

Maka dari itu, rutinlah berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 kali dalam seminggu. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di antaranya adalah berjalan kaki, bersepeda, berlari, berenang, serta yoga.  

Selain melakukan empat hal di atas, Anda juga bisa mengonsumsi nutrisi yang diformulasikan khusus bagi penyandang diabetes sebagai pengganti makanan, seperti Diabetasol

kalbe diabetasol 1905

Diabetasol yang diformulasikan khusus untuk diabetesi mengandung Vita Digest yang merupakan kombinasi isomaltulosa, tinggi serat dan vitamin D untuk membantu mengontrol kadar gula darah, menambah energi, serta memberikan rasa kenyang lebih lama. 

Produk susu ini juga tinggi vitamin C, E, dan zinc untuk membantu jaga daya tahan tubuh, serta tinggi kalsium dan vitamin D untuk menjaga massa dan kekuatan tulang, 

Susu Diabetasol dapat dikonsumsi 2x sehari dengan 4 sendok takar setiap konsumsi sebagai pengganti makan oleh diabetesi maupun orang dewasa yang ingin menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol.

Yuk, dukung imun tubuh agar lebih kuat dan jaga gula darah tetap terkontrol dengan tips di atas dan konsumsi Diabetasol! 

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat