androidvodic.com

Cara Simpel Jaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Jantung Seiring Bertambahnya Usia! - News

News - Seiring bertambahnya usia, kondisi badan mungkin mengalami penurunan dan pergerakan tubuh pun tak selincah sebelumnya. Fenomena ini umumnya terjadi lantaran penurunan beberapa fungsi organ tubuh seperti tulang, otot, dan jantung.

Tulang menjadi komponen penting dalam beraktivitas karena berfungsi untuk membantu tubuh bergerak dan menjadi tempat melekatnya otot tubuh. Tak hanya itu, tulang juga bekerja melindungi berbagai organ di dalam tubuh. 

Bekerja sinergis dengan tulang, otot berperan penting untuk menunjang pergerakan dan aktivitas Anda. Mengutip Healthline, terdapat lebih dari 650 otot rangka di dalam tubuh dengan miliaran sel otot. Kombinasi otot ini yang memungkinkan tubuh untuk menjalankan fungsi vital, termasuk menghasilkan energi yang digunakan untuk bergerak. 

Selain itu, organ seperti jantung juga dapat berubah kinerjanya seiring bertambahnya usia. Selain berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, hampir semua organ tubuh bergantung pada jantung agar dapat bekerja optimal.

Maka itulah, segala aktivitas dapat terhambat jika ada satu saja dari ketiganya yang mengalami gangguan. Karenanya, yuk selalu jaga kesehatan tulang, otot, dan jantung dengan 5 cara simpel berikut ini. 

1) Konsumsi makanan yang mengandung kalsium

Kalsium adalah mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, membantu kontraksi otot untuk bergerak, dan mengatur irama jantung agar tetap normal. 

Mengutip rilis dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, diketahui sebanyak 99 persen kalsium tubuh disimpan dalam tulang, dan 1 persen sisanya terdapat dalam darah, otot, serta jaringan lain. 

Beberapa jenis asupan yang tinggi kalsium adalah susu, sayuran hijau, kacang almond, ikan salmon, dan jus jeruk. Institute of Medicine dari Amerika Serikat menganjurkan  perempuan usia 19-50 tahun dan laki-laki usia 19-70 tahun untuk mengonsumsi kalsium harian sejumlah 1.000 mg. Sedangkan, perempuan berusia lebih 50 tahun dan pria berusia 70 tahun ke atas dianjurkan untuk menjaga asupan kalsium sebanyak 1.200 mg per harinya. 

2) Olahraga teratur

Aktivitas fisik atau olahraga dapat membantu menjaga fungsi tulang, otot, dan jantung tetap optimal. Melansir Klikdokter, beberapa manfaat positif yang bisa didapatkan dengan berolahraga adalah memperkuat tulang dan mengurangi risiko patah tulang sepanjang hidup, meningkatkan kekuatan otot, serta menjaga keseimbangan tubuh.

Tak ketinggalan, berolahraga juga memberi manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Dengan durasi yang tepat, berolahraga dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. 

Karenanya, intensitas dari aktivitas ini perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia Anda. Bagi yang sudah memasuki usia lanjut, dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 30 menit selama 5 kali dalam seminggu. 

3) Hindari stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memicu kelenjar adrenal untuk meningkatkan produksi kortisol yang juga dikenal sebagai ‘hormon stres’. 

Kortisol ini dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dengan menghambat sel pembentuk tulang, osteoblas. Alhasil, tubuh akan mengalami kerusakan jaringan tulang yang berujung pada berkurangnya kepadatan tulang hingga memicu osteoporosis. 

Untuk menghindari stres seiring bertambahnya usia, pastikan Anda beristirahat yang cukup dan utamakan keseimbangan dalam beraktivitas, termasuk dengan tetap aktif bersosialisasi dan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. 

4) Menjaga asupan vitamin D

Menurut penelitian pada jurnal Frontiers of Physiology, vitamin D adalah jenis vitamin yang dapat menjaga fungsi dari tulang, otot, dan jantung. Vitamin D bekerja aktif dalam menjaga asupan kalsium intraseluler pada tulang, menjaga kontraksi sel dan kekuatan otot agar postur lebih stabil, dan melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.

Maka itu, penting untuk Anda mengonsumsi vitamin D berdasarkan kebutuhan harian tubuh sesuai anjuran. Untuk pria dan wanita dewasa berusia 19-70 tahun, dianjurkan mengonsumsi 15 mcg (600 IU) setiap harinya dan untuk Anda yang berusia 70 tahun ke atas, dianjurkan untuk mengonsumsi 20 mcg (800 IU) setiap harinya. 

5) Lengkapi nutrisi tambahan untuk tubuh

Asupan nutrisi tambahan dapat membantu menjaga kesehatan tulang, otot, dan jantung seiring bertambahnya usia. Salah satu cara mudah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian adalah dengan mengonsumsi Entrasol Platinum, minuman tinggi protein dan serat dengan Omega 3 & Omega 6, 11 Vitamin & 8 Mineral, serta rendah laktosa yang dapat membuat perut tetap nyaman. 

Entrasol Platinum132ew
Entrasol Platinum

Entrasol Platinum juga dilengkapi dengan ekstrak buah zaitun yang mengandung hydroxytyrosol yang merupakan antioksidan yang 4x lebih kuat dari vitamin C, yang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Berkat dua jenis protein kualitas tinggi yang terkandung di dalamnya, yaitu whey dan kasein, Entrasol Platinum turut bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan massa otot serta sebagai  sumber energi untuk aktivitas harian.

Mari lengkapi asupan nutrisi harian Anda untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan jantung seiring bertambahnya usia dengan mengonsumsi dua gelas Entrasol Platinum dalam sehari!

Penulis: M Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

  • Aktif Sampai Tua

  • Menjaga kesehatan tulang, otot, dan jantung penting dilakukan seiring bertambahnya usia, begini caranya!

  • Susu yang Lebih dari Sekadar Susu, Cocok untuk Kamu Si Paling Sibuk!

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat