androidvodic.com

Libur Sekolah Hampir Tiba, Jangan Sampai Si Kecil Drop Ya! - News

News - Musim liburan sekolah hampir tiba! Apakah Bunda sudah menyiapkan berbagai rencana berlibur yang menyenangkan bersama Si Kecil?

Momen liburan sekolah memang biasa dimanfaatkan oleh orang tua sebagai kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas bersama sang buah hati.

Namun, ada hal penting lain yang juga perlu dipersiapkan sebelum pergi berlibur, yaitu daya tahan tubuh Si Kecil. Dilansir dari laman livi.co, sistem kekebalan tubuh anak belum sepenuhnya berkembang hingga usianya sekitar 7 sampai 8 tahun. 

Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil mengingat sistem imunnya masih sangat rentan terhadap paparan virus dan bakteri.

Nah, agar daya tahan tubuh Si Kecil tetap terjaga selama musim liburan nanti, yuk lakukan lima hal ini, Bun! 

1. Mulailah dengan ajak Si Kecil berolahraga

Pastinya Bunda sudah mengetahui manfaat dari berolahraga. Selain baik untuk kebugaran jasmani, olahraga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Manfaat ini berlaku bagi orang dewasa, remaja, dan juga anak balita. 

Sebelum menjalankan rencana liburan sekolah, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk olahraga bersama, seperti melakukan senam ringan, bersepeda, ataupun sekadar jalan santai di taman. 

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke pusat olahraga yang turut menghadirkan program untuk Si Kecil, seperti kelas gimnastik, les renang, dan kids yoga.

2. Latih Si Kecil untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya

Ya, kebersihan lingkungan dan diri sendiri menjadi salah satu cara yang sederhana namun berdampak terhadap kesehatan, termasuk meningkatkan sistem imun pada anak.

Mengutip dari Cleveland Clinic, delapan puluh persen infeksi disebarkan melalui sentuhan. Dengan mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik, kita dapat menghilangkan bakteri dan virus serta meminimalisir kemungkinan infeksi paru-paru hingga 45 persen.

Maka itu, wajib bagi orang tua untuk mengajarkan Si Kecil untuk selalu mencuci tangan setelah batuk, bersin, maupun usai kembali dari kamar mandi atau luar rumah. 

Saat sedang dalam perjalanan ataupun beraktivitas di luar rumah, pastikan Bunda telah menyediakan sapu tangan ataupun tisu basah untuk membersihkan tangan Si Kecil.

Selain menjaga kebersihan diri, orang tua juga bisa mengajak anak untuk mulai ikut membantu membersihkan rumah. Nah, untuk memulainya, Bunda bisa mencontohkan beberapa aktivitas bersih-bersih seperti menyapu lantai, mengembalikan mainan ke tempatnya, ataupun mengajak Si Kecil merapikan kamarnya.

3. Perhatikan kebutuhan waktu tidur anak

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat memaksimalkan perkembangan sistem imun pada tubuh Si Kecil. Dilansir dari Parents, kurang tidur dapat mengurangi sel pembunuh alami yang menunjang sistem kekebalan untuk melawan mikroba dan sel kanker di dalam tubuh.  Jika waktu tidur Si Kecil tidak tercukupi, maka tubuhnya akan rentan terkena virus penyebab sakit, seperti flu.

Kebutuhan waktu tidur anak pun dapat berbeda-beda sesuai usia mereka. Berdasarkan rilis Kementerian Kesehatan, anak yang berusia 1-18 bulan membutuhkan waktu tidur selama 12-14 jam per hari.  Sedangkan untuk anak-anak usia 3-6 tahun, disarankan untuk tidur selama 11-13 jam setiap harinya. 

4. Beri Si Kecil vitamin untuk jaga daya tahan tubuhnya

Setelah mengajaknya berolahraga, mencukupi waktu tidur, dan melatihnya cara menjaga kebersihan diri, Bunda juga bisa menjaga daya tahan tubuh Si Kecil dengan memberikannya vitamin sebagai tambahan nutrisi untuknya.

Vitamin ini bisa Bunda berikan jika anak sedang dalam fase ‘picky eaters’ atau enggan mengonsumsi sayur dan buah. Melansir dari Klikdokter, pada umumnya nafsu makan anak-anak yang diberikan vitamin akan meningkat dan membuat kekebalan tubuhnya bekerja lebih baik.

5. Lengkapi asupan nutrisi hariannya

Tentu Bunda sudah mengetahui akan pentingnya memberikan makanan bernutrisi untuk Si Kecil. Selain mengoptimalkan tumbuh kembangnya, asupan nutrisi yang terpenuhi juga membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Agar nantinya Si Kecil dapat berlibur dengan sehat dan bahagia, Bunda wajib memenuhi kelengkapan nutrisi hariannya, terlebih dengan memberikan makanan yang kaya akan vitamin C, asam lemak omega-3, dan mengandung antioksidan. Pasalnya, ketiga nutrisi tersebut mampu meningkatkan sistem imun anak.

Nah, Bunda dapat memberikan Si Kecil makanan yang mengandung serat pangan/prebiotik, karena kandungan tersebut dapat membantu menjaga sistem pencernaan tubuh, sehingga tubuh anak dapat melawan virus penyebab penyakit.

Bunda bisa memberikan susu anak dengan serat pangan/prebiotik, untuk menjaga daya tahan tubuh anak seperti susu bubuk Morinaga Chil*Go!.

morinaga chilgo 220623

Susu kualitas Jepang ini diperkaya dengan serat pangan inulin yang bermanfaat mencegah konstipasi serta meningkatkan fungsi pertahanan saluran pencernaan, sehingga sistem imun tubuh anak pun makin optimal. 

Dengan mengonsumsi susu bubuk Morinaga Chil* Go, Bunda tak perlu khawatir lagi dengan kelengkapan asupan nutrisi harian Si Kecil. Pasalnya, susu bubuk ini turut diperkaya dengan kombinasi vitamin A, C, E, dan Zink yang juga berkontribusi dalam pembentukan sel imun, melindungi saluran pencernaan, dan mengoptimalkan fungsi normal daya tahan tubuh anak.

Selain susu bubuk, Morinaga Chil* Go juga tersedia dalam bentuk susu cair steril yang praktis untuk dibawa bepergian, sehingga bisa jadi camilan enak bernutrisi untuk Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah selagi berlibur.

Yuk dukung pertahanan tubuh Si kecil dengan memberinya minum susu bubuk dan susu cair Morinaga Chil* Go. Dengan daya tahan tubuh anak yang terjaga, momen liburan sekolah anak pun akan makin menyenangkan!

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat