androidvodic.com

Tak Hanya Baik untuk Bumil, Ini Dia Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui - News

News - Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber gizi utama untuk bayi. ASI perlu diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan bayi dan terus dilanjutkan hingga berusia 2 tahun. Pasalnya, pemberian ASI eksklusif ini berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang serta meningkatkan sistem imun pada tubuh bayi. 

Tentu setiap ibu menyusui ingin memberikan ASI berkualitas sesuai dengan yang dibutuhkan bayi. Namun, tak jarang rasa cemas menghampiri ibu menyusui lantaran produksi ASI yang sedikit atau kurang lancar.

Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, ibu dapat terbantu dalam upaya melancarkan serta meningkatkan produksi dan kualitas ASI. 

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa makanan yang bisa ibu andalkan sebagai ASI booster, di antaranya ikan salmon, udang, daging ayam, daging sapi, kacang almond, kacang merah, sayuran hijau seperti bayam, buah alpukat dan buah beri, oats, serta produk susu khusus menyusui. Lalu, ada juga tumbuhan yang dapat menjadi ASI booster alami bagi ibu menyusui, yaitu daun katuk.

Manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada daun katuk

Bagaimana daun katuk dapat memberikan manfaat sebagai ASI booster bagi para ibu menyusui? Ternyata, daun dengan nama latin Sauropus androgynus ini memiliki banyak kandungan gizi yang dapat meningkatkan dan memperlancar ASI. 

Dilansir dari Klikdokter, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang mampu meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin, di mana kedua hormon tersebut memiliki peran penting dalam produksi ASI.

Selain dapat membantu kelancaran produksi ASI, berbagai kandungan gizi yang terdapat dalam daun katuk juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta bantu melengkapi nutrisi ibu menyusui.

Mengutip dari laman Nilai Gizi, dalam 100 gram daun katuk terdapat sumber vitamin (A,B,C, dan K), pro vit. A (beta-karoten), lemak, protein, kalsium, natrium, kalium, zat besi, fosfor, mangan, serat, dan juga klorofil.

Tak hanya untuk ibu menyusui, daun katuk pun juga dikenal akan manfaat kesehatannya bagi ibu hamil. Hal ini karena kandungan di dalam daun katuk seperti magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, serta vitamin K, C, B bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh pada Ibu hamil.

Selain itu, daun katuk juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah masalah jika terjadi tekanan darah tinggi pada bumil. 

Cara mengonsumsi daun katuk

Daun katuk diketahui memiliki rasa yang agak pahit, sehingga dianjurkan untuk diolah secara variatif agar ibu menyusui tetap lahap dan tidak bosan saat menyantapnya. 

Mengutip dari berbagai sumber, daun katuk bisa disajikan dalam bentuk sop, sayur tumis, dan bubur. Sebagai alternatif, ibu juga dapat membuatnya menjadi camilan seperti bakwan daun katuk, dan bahkan jus buah yang dicampurkan dengan daun katuk. Oh ya, sebelum diolah, pastikan daun katuk tercuci bersih dan kematangannya aman untuk dikonsumsi ya, Bu.

Selain diolah menjadi berbagai masakan, kini ibu juga bisa mengonsumsi daun katuk dengan cara yang lebih praktis, yaitu dengan PRENAGEN LOVA, yang dapat menjadi andalan ibu menyusui untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.

Susu yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui ini diperkaya dengan daun katuk, yang memiliki kandungan PROTEIN yang baik untuk pembentukan organ tubuh bayi, plasenta, dan juga otak bayi dalam kandungan. 

Bagi ibu hamil dan menyusui, PROTEIN pun bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun ibu, memperbaiki kualitas ASI, serta membantu pemulihan jaringan tubuh setelah persalinan. 

PRENAGEN LOVA juga mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan otak janin & mencegah anemia, serta vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan, juga memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.

Turut diperkaya dengan kalsium, vitamin D, serta  tinggi asam folat, susu bergizi lengkap ini tak hanya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, namun juga membantu menjaga kesehatan ibu.

Selain itu, PRENAGEN LOVA juga mengandung minyak ikan yang berperan dalam perkembangan otak bayi, mengurangi risiko asma pada bayi, menurunkan risiko preeklamsia, serta dapat meningkatkan energi ibu menyusui.

PRENAGEN LOVA dapat dikonsumsi minimal sehari sekali. Untuk mengonsumsinya, ibu hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan bubuk susu dengan air hangat. Jika ingin dikonsumsi dingin, ibu bisa hidangkan susu dengan air dingin dan tambahkan es batu sesuai selera. 

Hadir dengan dua varian rasa, Coklat dan Stroberi, PRENAGEN LOVA akan membantu  ibu menyusui sebagai ASI BOOSTER dalam meningkatkan produksi ASI dengan Gizi Lengkap, Harga Terjangkau!

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Baca juga: 5 Tips Tetap Sehat agar Ibu Menyusui Optimal MengASIhi

 

Terkini Lainnya

  • Gizi Lengkap Bumil Busui

  • daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang mampu meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin, di mana kedua hormon tersebut memiliki peran penti

  • Susu yang Lebih dari Sekadar Susu, Cocok untuk Kamu Si Paling Sibuk!

  • Gizi Lengkap Bumil Busui

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat