androidvodic.com

Nutrisi Kunci untuk Ibu dan Janin Sehat: Protein - News

News - Memenuhi nutrisi seimbang selama kehamilan adalah langkah penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Selain mendukung pertumbuhan janin yang optimal, nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dirinya sendiri.

Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung masa kehamilannya adalah asam folat, DHA dan Omega-3, serta kalsium.

Asam folat adalah mikronutrien yang bermanfaat menurunkan risiko keguguran, mencegah anemia, menurunkan risiko terjadinya preeklamsia, dan sebagai pembentuk plasenta. 

Sementara bagi bayi dalam kandungan, asam folat dapat menurunkan risiko terjadinya cacat tabung saraf janin hingga 70 persen, mencegah bibir sumbing, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung bawaan

DHA juga berperan penting dalam masa kehamilan, karena mampu mendukung pertumbuhan otak janin, mengembangkan ketajaman indera penglihatan janin, mencegah risiko kelahiran prematur, dan mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti preeklamsia.

Kalsium pun tak kalah penting untuk dikonsumsi lho, Bu! Dikutip dari WebMD, Kalsium bermanfaat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil dan janinnya.

Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 1.000 mg kalsium per hari jika berusia 19-30 tahun. Namun, kebutuhan kalsium meningkat menjadi 1.300 mg per hari bagi ibu hamil berusia 31-50 tahun.  

Baca juga: Bumil, Yuk Cukupi Kebutuhan Protein di Masa Kehamilan dengan Cara Ini!

Protein, nutrisi wajib bagi ibu hamil 

Ada satu lagi jenis nutrisi yang kadang terlupakan oleh para bumil, yaitu protein. Tak hanya untuk kesehatan ibu, protein merupakan nutrisi esensial yang diperlukan untuk pembentukan organ tubuh dan otak bayi.

Dengan mengkonsumsi asupan kaya protein, ibu hamil dapat memastikan kadar zat besi yang cukup untuk mencegah anemia akibat kekurangan zat besi. Perlu diketahui, anemia dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan kelemahan pada ibu hamil, yang juga berdampak pada kesehatan ibu dan perkembangan janin. 

Mengetahui manfaatnya yang krusial bagi kesehatan ibu dan pertumbuhan jaringan janin, sejumlah ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi asupan protein sebanyak 75 hingga 100 gram per hari. 

Lebih lanjut, dikutip dari berbagai sumber, ibu hamil perlu mengonsumsi 60 gram protein selama trimester pertama kehamilan. Kemudian, jika sudah memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan, kebutuhan protein yang harus dipenuhi oleh ibu hamil berjumlah 70 gram per hari.

Selain trimester kehamilan, jumlah kebutuhan protein saat hamil ini juga bisa bergantung pada faktor lain seperti berat badan dan trimester kehamilan ibu saat ini. 

Oleh karenanya, bumil disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan secara teratur untuk mengetahui porsi protein yang dibutuhkan.

Mengutip Klikdokter, beberapa sumber protein yang baik untuk dikonsumsi bumil adalah telur ayam, dada ayam tanpa lemak, ikan salmon, berbagai jenis kacang dan polong-polongan

Lalu, susu menjadi sumber protein yang paling baik kualitasnya karena lebih mudah dicerna dan diserap oleh bumil.

Baca juga: Bumil, Yuk Lakukan 4 Cara Ini untuk Cegah Kelahiran Prematur

Penuhi nutrisi penting selama kehamilan 

Agar semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu saat kehamilan dapat terpenuhi dengan baik, bumil perlu menerapkan pola makan yang seimbang. 

Selain itu, ibu juga bisa mengandalkan sumber  nutrisi yang kayak protein di masa kehamilan seperti PRENAGEN mommy.

PRENAGEN mommy mengandung protein yang bermanfaat untuk membantu pembentukan organ tubuh janin, mendukung imun tubuh ibu hamil dan janin, serta memberi tenaga agar ibu tetap fit dan segar.

Susu untuk ibu hamil ini turut diperkaya dengan asam folat yang dapat mencegah risiko cacat tabung saraf, zat besi untuk cegah pendarahan saat persalinan, serta kalsium dan vitamin D untuk membantu pembentukan tulang bayi dan kepadatan tulang pada ibu. 

Turut dilengkapi dengan DHA dan Omega-3, nutrisi kehamilan ini juga bermanfaat dalam membantu perkembangan otak janin. 

Dengan varian rasa enak enggak bikin eneg seperti French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, Groovy Mocha, dan Delicious Mung Bean, bumil bisa mengonsumsi PRENAGEN mommy sebanyak dua gelas sehari selama 9 bulan kehamilan, baik disajikan hangat maupun dingin.

Selain itu, terdapat juga PRENAGEN UHT dengan varian rasa Velvety Choco, Berry Love, dan Almond Soya yang praktis untuk dikonsumsi oleh working mom dan jadi teman bumil saat traveling!

Sekarang ibu sudah tahu bahwa protein merupakan nutrisi esensial yang sangat penting untuk dikonsumsi guna mendukung pertumbuhan janin yang sehat dan cerdas di masa depan. 

Maka itu, yuk mulai penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan seimbang, serta jangan lupa konsumsi PRENAGEN mommy, ya!

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

  • Nutrisi Ibu Hamil

  • Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung masa kehamilannya adalah asam folat, DHA dan Omega-3, serta kalsium.

  • Sambut Musim Libur Sekolah, Ini 5 Aktivitas Seru untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

  • Nutrisi Ibu Hamil

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat