androidvodic.com

3 Ilmuwan Komite Penasihat FDA Mundur, Protes Aducanumab Jadi Obat Alzheimerm, Sebut Sejarah Buruk - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, MARYLAND - Tiga ilmuwan dari komite penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) telah mengundurkan diri.

Ini sebagai bentuk protes setelah lembaga itu memberikan persetujuan terhadap 'obat kontroversial' untuk mengobati penyakit Alzheimer.

Dikutip dari laman Russia Today, Minggu (11/7/2021), sepuluh dari 11 anggota Komite Penasihat Sistem Saraf Perifer dan Pusat FDA memberikan suara menentang persetujuan obat Aducanumab, sementara satu suara lainnya menyatakan 'ragu'.

Voting ini sebenarnya diambil selama dengar pendapat pada November 2020.

Baca juga: FDA AS Sebut Hand Sanitizer Sebabkan Mual, Sakit Kepala, Sampai Harus Dirawat di Rumah Sakit

Baca juga: Aduhelm Biogen Jadi Obat Pertama yang Targetkan Penyebab Alzheimer

Namun pada hari Senin lalu, FDA tetap memberikan persetujuan yang dipercepat.

"Minggu ini, keputusan pemberian persetujuan obat Aducanumab oleh administrator FDA mungkin merupakan keputusan persetujuan obat terburuk dalam sejarah AS," tulis Aaron Kesselheim dari Harvard dan Brigham and Women's Hospital di Boston, Massachusetts, AS.

Ia menjadi anggota ketiga yang mengundurkan diri dari komite pada protes yang disampaikan minggu ini.

Perlu diketahui, FDA AS telah mempercepat persetujuan obat ini 'pada menit terakhir' berdasarkan 'premis yang dapat diperdebatkan' bahwa efek obat tersebut kemungkinan akan membantu pasien yang menderita Alzheimer.

"Namun pertanyaan penting terkait efek obat itu ternyata tidak dibahas dalam pertemuan Komite Penasihat, dan premisnya secara khusus dikecualikan dari diskusi," tulis Kesselheim.

Selain itu, menurutnya, beberapa pertanyaan yang diajukan kepada komite 'sengaja ditulis terselubung untuk menghasilkan tanggapan yang mendukung persetujuan obat tersebut'.

"Jelas bagi saya bahwa FDA saat ini tidak mampu secara memadai mengintegrasikan rekomendasi ilmiah Komite ke dalam keputusan persetujuannya," tegas Kesselheim, yang telah bertugas di komite itu sejak 2015 lalu.

Sementara itu, dua ahli saraf yang juga bertugas di komite tersebut yakni David Knopman dari Mayo Clinic di Minnesota dan Joel Perlmutter dari Washington University di St. Louis, Missouri turut mengundurkan diri pada hari Rabu lalu.

Terkait kontroversi persetujuan untuk pengobatan Alzheimer ini, Aducanumab ini dikembangkan oleh Biogen yang berbasis di Cambridge, Massachusetts AS dan Eisai Jepang.

Terkini Lainnya

  • Tiga ilmuwan dari komite penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) telah mengundurkan diri.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat