androidvodic.com

Gigi Berlubang Seperti Kena Setrum Saat Mengunyah. Bagaimana, Dok? - News

News  - News membuka kontak Konsultasi yang akan dijawab Drg Anastasia Ririen

Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, alumnus Fakultas Kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi gigi dan mulut News.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage - Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, dan praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio, serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca News yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com.
Semua jawaban akan ditayangkan di www.News.

Pertanyaan Pembaca

Halo, dokter Anastasia..
Saya Yance. Gigi geraham kanan bawah saya berlubang dan setiap mengunyah lalu kena makanan rasanya seperti terkena setrum, kemudian sakit sekali. Itu kenapa ya Dok? Apa solusinya? Apakah ditambal itu solusi yang baik, Dok? Ataukah langsung dicabut saja? Terimakasih.

Jawaban:

Dear Pak Yance, terimakasih atas pertanyaannya.

Bahwa gigi telah berlubang merupakan pertanda bahwa proses perusakan telah berlangsung pada material gigi kita. Solusi paling tepat tentu saja adalah segera merawatkannya ke dokter gigi berkompeten yang kita pilih, sebelum proses kerusakan terlanjur berkembang makin parah.

Terlebih pada kondisi di mana lapisan terluar gigi (email) telah rusak/hancur/hilang, sehingga lapisan kedua gigi (dentin) membuka. Lapisan kedua gigi yang tersusun khas dengan material tertentu berformasi jejeran tubuli dentinalis (saluran berdiameter sangat kecil), yang bila email gigi telah rusak/hancur/hilang dapat membuka akses hubungan terbuka antara bagian terdalam gigi (pulpa gigi yang berisi jaringan syaraf, pembuluh darah, dan lymphe) kita dengan dunia luar, dalam rongga mulut kita.

Terbukanya akses ini memicu ragam symptom/gejala yang bisa kita alami semisal gigi linu saat ada perbedaan suhu, terkena tekanan pengunyahan, termasuk invasi bakteri dari luar ke dalam pulpa gigi kita yang akan menginfeksinya sehingga menimbulkan kasus infeksi/radang. Yang bila dibiarkan saja tanpa perawatan tuntas dari dokter gigi berkompeten dapat berimbas lanjut membusuknya gigi kita, yang pada gilirannya, sang penyebab infeksi (bakteri) tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh kita dan menginfeksi organ-organ dalam kita semisal jantung, otak, rahim dan sebagainya.

Nah, dugaan sementara saya, rasa seolah terkena setrum seperti yang Bapak keluhkan di atas bisa saja terjadi akibat reaksi persyarafan pada pulpa gigi akibat tekanan pengunyahan yang mengenai area dentin gigi berlubang Bapak yang telah terbuka. Saluran terbuka pada tubuli dentinalis dentin yang terbuka tersebut meneruskan tekanan yang diterima langsung oleh sang gigi menuju syaraf gigi Bapak yang masih vital/sehat sehingga menimbulkan symptom rasa tersetrum tersebut.

Saran saya, sebaiknya Bapak segera memeriksakan dan merawatkan kondisi gigi Bapak tersebut ke dokter gigi berkompeten sedini mungkin agar dapat segera mendapatkan perawatan pencegahan terdini secara tuntas.

Pilihan pencabutan tidak saya sarankan karena dugaan sementara saya gigi masih bisa dipulihkan kesehatannya serta dikembalikan fungsinya dalam keadaan sehat. Gigi berlubang hanya dicabut bila sudah sama sekali tidak dapat dipulihkan kesehatannya dan materialnya telah hancur/melunak hingga ke area akar giginya. Bagaimanapun juga, gigi asli yang sehat ataupun telah disehatkan jauh lebih nyaman dan ideal dibanding gigi palsu jenis apapun.

Demikianlah, Bapak.. semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat dipahami dengan jelas dan bermanfaat. Bila ada hal yang hendak ditanyakan, silakan kembali menghubungi saya melalui alamat email saya: dr_anastasia_ririen@yahoo.comataupun melalui pin BB saya: 7632C4DD. Salam sehat, ya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat