androidvodic.com

Apa Solusinya Kalau Gigi Depan Kanan Atas Makin Turun, Goyah, Akan Copot? - News

News - News membuka kontak Konsultasi yang akan dijawab Drg Anastasia Ririen

Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, alumnus Fakultas Kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi gigi dan mulut News.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage - Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, dan praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio, serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca News yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com.
Semua jawaban akan ditayangkan di www.News.

Pertanyaan Pembaca
Selamat malam, Dokter Anastasia.
Ada pertanyaan yang ingin saya sampaikan mengenai kondisi gigi depan saya.
1. Gigi depan saya sebelah kanan (satu gigi) makin lama makin turun ke bawah. Lalu mulai goyah, tetapi belum tercabut. Pertanyaan saya, solusi apakah sebaiknya yang harus saya lakukan, apakah dicabut atau bisakah diperbaiki kembali, karena gigi depan tersebut belum copot.
2. Jika dicabut, saran apa yg akan Dokter berikan jika diganti gigi tiruan? Maaf, saya kurang disiplin dalam perawatan gigi.
3. Di manakah alamat klinik gigi Dokter Anastasia?

Saya juga melampirkan foto kondisi gigi depan saya. Mengingat rasanya sakit sekali jika disentuh.
Terimakasih. (Willy)

Jawaban:

Bapak Willy yang baik,
Terimakasih atas kepercayaan Bapak mengkonsultasikan kondisi tersebut pada saya. Mohon maaf, atas satu dan lain hal, baru sekarang bisa saya berikan tanggapan.

Pertanyaan pertama saya: bagaimanakah kondisi sang gigi saat ini? Apakah masih berada di lengkung rahangnya? Apakah sudah dikonsultasikan lagi secara langsung ke dokter gigi terdekat? Bila telah dilakukan, perawatan apakah yang telah diberikan? Dan, bagaimanakah perkembangannya?

Bila ternyata belum dilakukan perawatan apapun, saya berharap segera dapat dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter gigi berkompeten terdekat agar dapat diperiksa secara lengkap, dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya sesuai keperluan semisal pemeriksaan photo rontgen, ditegakkan diagnosenya dan diberikan jenis perawatan yang paling tepat.

Salah satu kemungkinan pemicu yang dialami yakni:
bila bukan akibat kondisi pasca trauma (benturan fisik), bisa juga akibat makin kecilnya dukungan jaringan penyangga sang gigi semisal melemahnya dukungan tulang penyangga setempat terhadap sang gigi oleh satu dan lain penyebab anomali.

Di kantongnya, sang gigi hanya dapat kokoh di posisinya lantaran primanya kondisi kesehatan fisik semua unsur jaringan penyangganya. Baik jaringan keras (tulang alveolus) maupun jaringan lunaknya (jaringan ikat pemegang sang gigi terhadap keseluruhan dinding sekeliling akar gigi, termasuk gusi).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat