androidvodic.com

Minum Kopi Berlebihan Berisiko Kematian Dini - News

News, JAKARTA - Bagi pecinta kopi, belum lengkap rasanya pagi ini bila belum menyeruput hangat dan aroma kopi. Memang, dibalik manfaat bagi kesehatan, kebanyakan minum kopi juga berefek negatif.

Pakar kesehatan Maria Saleh menerangkan, minum kopi memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan stamina, merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan gairah, dan menjaga tubuh dari polusi udara, asap kotor, serta paparan sinar ultraviolet.

Namun, jika kopi dikonsumsi secara berlebihan pastinya dapat mengakibatkan banyak efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang tidak baik untuk organ tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, kopi juga mengandung cafesol dan kahweol. Kedua kandungan tersebut adalah bahan kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Salah satu kopi yang mengandung bahan kimia tinggi karena tanpa disaring terlebih dahulu adalah kopi jenis espresso.

Karena itu ada baiknya mengetahui bahaya atau dampak yang ditimbulkan karena mengonsumsi kopi terlalu berlebihan. Berikut beberapa efek yang terjadi jika terlalu banyak minum kopi:

Insomnia
Salah satu alasan kenapa orang suka minum kopi adalah agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk.

Tetapi karena hal ini justru akan membuat seseorang menjadi susah tidur atau insomnia yang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Darah Tinggi
Menurut hasil studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, menyebutkan bahwa, kafein secara cepat meningkatkan kekakuan terhadap arteri besar pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Kafein memang sangat cepat meningkatkan tekanan darah, bahkan untuk orang yang memiliki tekanan darah normal.

Gangguan Pencernaan
Kandungan kafein dalam kopi ternyata juga berpengaruh untuk kesehatan pencernaan.

Orang yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi munuman yang berkafein memang akan loebih sering mengeluhkan perutnya sakit. Apalagi jika hal ini kamu lakukan saat keadaan perut masih keadaan kosong.

Menurunkan Kesuburan
Untuk wanita yang sudah menjadikan kopi sebagai minuman spesial, ada beberapa hal yang harus diketahui.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat