androidvodic.com

Tips Menggunakan Obat Kumur yang Benar - News

Laporan Wartawan News, Ria Anatasia

News, JAKARTA - Obat kumur sering digunakan untuk menyegarkan napas serta membersihkan bakteri di rongga mulut.

Berkumur dengan cairan antiseptik disarankan untuk melengkapi kebiasaan menyikat gigi.

Pasalnya, kedua hal ini bisa memutus rantai pembentukan kuman yang berkoloni.

"Kuman itu bisa menempel di mulut dalam hitungan menit. Mengapa sikat gigi dua kali sehari ditambah dengan berkumur? Ini untuk mencegah kuman berkoloni dan menjadi matang di mulut," jelas Dedy Yudha Rismanto, Dokter Gigi Spesialis Periodontik.

Baca: Kenali Periodontitis, Peradangan Gusi karena Gaya Hidup Tak Sehat, Bisa Ganggu Kerja Jantung

Obat kumur penting untuk menetralisir kadar PH atau keasaman mulut dan mencegah peradangan gusi.

"Jika ada sudut di dalam mulut yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi, bisa menggunakan obat kumur. Berkumur dengan air putih atau obat kumur bisa mengurangi aktifnya kuman karena kondisi pH yang netral," terangnya.

Yudha mengatakan, penggunaan obat kumur tidak harus dengan cara dikumur.

Untuk mengurangi rasa perih, Anda hanya perlu merendam cairan tersebut dan mendiamkanya selama beberapa detik, sesuai petunjuk pada obat kumur yang digunakan.

Baca: Hindari Mengangkat Sisa Makanan Pakai Tusuk Gigi, Berbahaya

"Artinya kumur itu tidak boleh diminum jadi digenangi atau direndam di titik yang diinginkan saja cukup. Biarkan beberapa detik agar eektivitas senyawa kimianya bekerja," tuturnya.

Jenis obat kumur pun berbeda-beda sesuai kandungannya. Contohnya, Antimikrobial untuk mengurangi plak, gingivitis, serta peradangan gusi, Astringent salt untuk menyamarkan bau mulut, dan yang mengandung iodin dan fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

"Supaya lebih efektif, dibaca dulu penggunaanya berapa kali sehari. Disertai dengan teknik sikat gigi sesuai arah gigi dan tidak menyikat dengan arah horizontal. Ingat obat kumur itu pelengkap bukan pengganti, jadi Anda tetap wajib sikat gigi," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat