androidvodic.com

Pernah Berbobot 192 Kg, Kini Aria Permana Hanya Mampu Habiskan 8 Sendok Makanan, Kalau Lebih Muntah - News

News, BANDUNG - Setelah melakukan operasi Bariatrik atau operasi penyempitan lambung 2017, Aria Permana (13), tubuh bocah obesitas ini pun berubah.

Berat badannya pun turun karena ditunjang perubahan pola makan.

Sempat viral karena memiliki bobot badan 192 kilogram, Usai operasi yang dijalaninya pada 17 April 2017 lalu, kini tersissa 85,9 kilogram.

"Setelah menjalani operasi lambung waktu itu, sekarang berat Aria hasil pemeriksaan barusan hanya 85,9 kilogram dan tingginya 163,5 cm," ujar Ade Somantri kepada Tribun Jabar usai mengantar Aria ke ruang pemeriksaan di RS Hasan Sadikin Bandung.

Disinggung terkait batasan konsumsi makanan, Ade menuturkan, saat ini anaknya telah mampu mengatur porsinya sendiri.

Aria Permana bocah obesitas dari Karawang.
Aria Permana bocah obesitas dari Karawang. (kolase/dok News)

Apalagi saat ini, maksimal ia hanya mampu mengkonsumsi delapan sendok makan saja, bila melebihi dari jumlah tersebut, maka akan muntah.

"Jadi sekarang dia suka langsung berhenti biarpun sisa makanannya masih banyak.

Kini, Aria Permana diminta menghindari minuman kemasan yang rasanya manis-manis dan mie instan.

"Kalau mie disetop total sih engga, cuma kalau Aria pingin mie, kami hanya berikan porsi sepertiga atau seperempat dari satu bungkus utuh," ucapnya.

Bocah SD asal Karawang yang sempat menderita obesitas, Arya Permana (13) seusai menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (17/6/2019). Rencananya, Aria Permana akan menjalani operasi lanjutan untuk pengangkatan gelambir yang ada di badannya. Arya kini memiliki berat badan 87 kilogram, atau menyusut 105 kilogram, setelah sebelumnya memiliki berat badan 192 kilogram. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Bocah SD asal Karawang yang sempat menderita obesitas, Arya Permana (13) seusai menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (17/6/2019). Rencananya, Aria Permana akan menjalani operasi lanjutan untuk pengangkatan gelambir yang ada di badannya. Arya kini memiliki berat badan 87 kilogram, atau menyusut 105 kilogram, setelah sebelumnya memiliki berat badan 192 kilogram. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Sudah Bisa Olahraga

Jika sebelum operasi, Aria Permana hanya bisa tengkurap, kini ia bisa berolahraga bersama teman-teman sekitar rumah.

Kini, Aria Permana sudah bisa bermain sepakbola, berenang, dan bulutangkis.

Ade sang ayah mengatakan, aktivitas keseharian Aria di rumah selain kembali bersekolah dan mengerjakan tugas-tugas dari gurunya.

Ade menambahkan, anaknya yang sangat mengidolakan salah seorang penggawa tim Persib Bandung dan Tim Nasional Indonesia, yaitu Febri Hariyadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat