androidvodic.com

Hari Ini Mulai Operasi, Aria Permana Perlu Waktu 2 Tahun untuk Pengangkatan Gelambir Tubuhnya - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

News, BANDUNG- Aria Permana (13), bocah asal Karawang yang sempat mengalami obesitas, akan operasi pengangkatan gelambir di beberapa bagian tubuhnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin ( RSHS), Kota Bandung, hari ini, Rabu (24/7/2019).

Sebelum operasi berlangsung, Aria Permana sudah melakoni perawatan selama satu minggu di RSHS.

Aria Permana sudah dirawat selama tujuh hari di RSHS.
Direktur Utama RSHS Bandung, Nina Susana Dewi, mengatakan Aria Permana sudah ada RSHS sejak 17 Juli 2019.

Kedatangannya karena adanya keluhan gelambir di beberapa bagian tubuhnya.

"Aria Permana ini sempat mengalami obesitas sekitar 192 kilogram dan berhasil menurunkan berat badan menjadi sekitar 80 kilogram berkat diet dan menyempitkan lambung ," kata Nina Susana Dewi.

Baca: Mirip Nasibnya Kena Narkoba dan Akan Mainkan Filmnya, Ellyas Pical Enggan Komentari Jefri Nichol

Baca: Akan Operasi Hilangkan Kulit Bergelambir, Begini Kondisi Aria Permana Bocah Obestas Dari Karawang

Operasi tersebut akan melibatkan tujuh departemen di antaranya spesialis bedah plastik, ahli gizi, anestesi, kulit, anak, dan departemen lainnya.

Dida Akhmad Gurnida, selaku ketua tim dokter yang akan mengoperasi Aria Permana menambahkan bahwa perawatan selama tujuh hari tersebut bertujuan untuk perawatan kulit dan tahapan kebersihan kulit Aria Permana.

Operasi akan dilakukan secara bertahap.

Aria Permana, pasien anak obesitas asal Karawang, Jawa Barat, tengah asyik bermain gim di ponselnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). Aria Permana, bocah berusia 13 tahun yang bobot tubuhnya pernah mencapai 192 kg dan kini sudah menyusut sekitar 106,5 kg itu akan menjalani operasi tahap pertama yaitu mengangkat kulit bergelambir bagian lengan kanan dan kiri pada Rabu (24/7/2019). Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Aria Permana, pasien anak obesitas asal Karawang, Jawa Barat, tengah asyik bermain gim di ponselnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). Aria Permana, bocah berusia 13 tahun yang bobot tubuhnya pernah mencapai 192 kg dan kini sudah menyusut sekitar 106,5 kg itu akan menjalani operasi tahap pertama yaitu mengangkat kulit bergelambir bagian lengan kanan dan kiri pada Rabu (24/7/2019). Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

"Setelah dilakukan pemeriksaan, semua kondisi Aria Permana normal dan baik, tidak ada masalah sebelum operasi," kata Dida Akhmad Gurnida (23/7/2019).

Selain itu, Hardy Siswo selaku dokter spesialis bedah plastik dan rekonstruksi estetik menambahkan munculnya gelambir pada tubuh Aria Permana karena proses penurunan berat badan yang cukup drastis dan cepat.

Kepada dokter, Aria Permana mengaku merasa berat mengangkat tangannya.

Selain itu, pengangkatan gelambir ialah untuk pertimbangan estetik. Hardy mengatakan kondisi tubuh yang bergelambir membuat Aria Permana minder.

Empat Tahapan Operasi Perlu Waktu Dua Tahun
Tim medis akan membagi operasi pengangkatan gelambir di tubuh Aria Permana menjadi empat kali.
"Ada empat bagian yang akan dilakukan tindakan operasi pengangkatan gelambir. Bagian pertama ialah lengan atas dan bawah, bagian kedua adalah payudara, bagian ketiga perut, dan bagian keempat ialah paha dan pinggang," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat