androidvodic.com

Gaya Hidup Sehat, Cuci Tangan Hingga Pakai Masker, Masih Jadi Cara Jitu Antisipasi Virus Corona - News

Laporan Wartawan News, Apfia Tioconny Billy

News, JAKARTA -- Sampai saat ini virus corona penyebab pneumonia yang mewabah di Wuhan, China belum ada obat atau vaksin yang tepat.

Ini karena wabah yang menyerang ini merupakan virus jenis baru.

Alhasil cara paling mudah untuk mengantisipasi virus yang menewaskas 80 orang dan 2.300 warga di Wuhan infeksi tersebut adalah dengan menerapkan dan meningkatkan gaya hidup sehat.

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. Daeng M Faqih pun meningatkan tentang pentingnya mencuci tangan karena tangan termasuk media penyebaran.

Sehingga masyarakat diminta menghondari meganv bagian tubuh sepertti mulut, hidung atau mata jika belun mencuci tangan.

Kemesraan Menteri Kesehatan Dokter Terawan dan Ketua Umum Persatuan Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) di kantor pusat PB IDI, di Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).
Kemesraan Menteri Kesehatan Dokter Terawan dan Ketua Umum Persatuan Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) di kantor pusat PB IDI, di Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019). (News/Apfia Tioconny Billy)

"Menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik," kata dr. Daeng seperti yang tertulis dalam keterangan pers PB IDI.

Cuci tangan yang bersih dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik kemudian keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai.

"Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan sanitizer alkohol 70-80 persen," ungkap Daeng.

Baca: Dokter Ungkap Kondisi Suspect Virus Corona di Bandung, Sebut Pasien Baru Kembali dari Singapura

Baca: Jumlah Korban Meninggal Dunia Akibat Virus Corona di China Bertambah, Total 80 orang

Seorang wanita mengenakan topeng di Beijing baru-baru ini sebagai tindakan pencegahan terhadap coronavirus.
Seorang wanita mengenakan topeng di Beijing baru-baru ini sebagai tindakan pencegahan terhadap coronavirus. (SCMP EPA-EFE)

Kemudian kurangi juga penyebaran virus ketika sedang sakit dengan menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersih dan batuk serta gunakan masker dan segera berobat.

"Masyarakat tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke RS/fasilitas kesehatan terdekat," ungkap Daeng

Baca: Saaih Halilintar Menginap Dekat Lokasi Kecelakaan Kobe Bryant, Lihat Kepulan Asap

Baca: BREAKING NEWS, Susul Rika Callebaut, Regino Idol Juga Diperiksa Jadi Saksi Kasus Investasi Memiles

Bantu tubuh tetap fit dengan mengkonsumsi buah dan sayur minimal tiga kali perhari dan makan makanan bergizi serta istirahat cukup.

Hindari menyentuh hewan atau unggas atau hewan liar (wild animals) dan patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat