androidvodic.com

Tidak Makan Daging, Vegetarian Harus Konsumsi Suplemen Vitamin B12 Tambahan - News

Laporan Wartawan News, Apfia Tioconny Billy

News, JAKARTA -- Protein hewani merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh untuk diubah menjadi sistem pertahanan tubuh.

Pada daging hewan seperti ayam, sapi, maupun ikan ada asam amino, vitamin B12, vitamin D, zat besi, maupun omega-3 yang bisa menjaga imunitas.

Lalu bagaimana bagi vegetarian yang hanya mengonsumsi protein nabati?

Dokter spesialis Gizi Klinis, dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK menyebutkan kalau vegetarian yang hanya meninggalkan daging merah, protein hewaninya masih bisa didapatkan dari ikan.

Tapi kalau yang tidak mengonsumsi daging apapun atau benar-benar hanya mengonsumsi sayur-sayuran ditambah dengan buah-buahan saja maka akan sangat kekurangan vitamin B12.

Daging Ikan Putih vs Daging Merah
Daging Ikan Putih vs Daging Merah (BrightSide)

"Kalau vegan tidak mengonsumsi produk hewani mereka kana kekirangan vitamin B12 karena itu ada di sumber hewani gak ada di nabati," ucap dr. Diana saat webinar bersama RS Pondok Indah, Rabu (10/6/2020).

Vitamin B12 ini tidak bisa didapatkan hanya dengan mengonsumsi sayuran saja, sehingga dr. Diana menyarankan bagi yang vegetarian harus mengonsumsi suplemen vitamin B12 tambahan.

"Protein hewani kalau gantikan dengan nabati gak akan cukup, misalnya per 100 gram asupan nabati akan kecil sekali, jadi konsumsi suplementasi B12 tambahan," ungkap dr. Diana.

Kekurangan vitamin B12 ini bisa membuat penurunan sel darah merah yang bisa menyebabkan anemia dan gangguan pada jaringan sistem syaraf.

Tanda-tanda kekurangan B12 biasa identik dengan tubuh lemas, kulit terlihat pucat, pusing, sariawan, dan bisa juga berpengaruh pada keseimbangan mood.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat