androidvodic.com

Akar Gigi Bisa Bercabang, Salurannya Tidak Beraturan, Bagaimana Menjaganya? - News

News - Gigi kita ada yang hanya berakar satu, ada pula yang berakar lebih dari satu, sesuai bentuk anatomi normalnya.

Tetapi, bentuk serta jumlah percabangan saluran akar di setiap akar gigi bisa beragam, tidak selalu beraturan, bisa bercabang, dan jumlah cabangnya pun bisa lebih dari satu.

Baca: Tambalan Gigi atau Gigi Palsu Tak Boleh Mengganjal, Mengapa? Simak Penjelasan Dokter Cantik Ini

Baca: Aman Merawat Gigi, Perlukah Membawa Surat Bebas Covid-19 Saat ke Dokter Gigi?

gigi sehat
Bagan Struktur Anatomi Gigi dan Jaringan Pendukung Gigi yang sehat

Seperti pada insert photo itulah gambaran nyata kondisi akar salah satu gigi molar beserta masing-masing percabangan saluran akarnya dalam photo 4 dimensi.

Realitas kondisi saluran akar gigi yang acapkali sedemikian unik and bercabang tiada begitu beraturan.

Nah, bagaimana solusinya agar dengan akar bercabang ini gigi tetap sehat? Simak penjelasan drg. R.Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati.

"Infeksi berlanjut pada material gigi yang hingga melibatkan jaringan lebih dalam dari gigi, hingga area pulpa dalam rongga saluran akar gigi bisa makin rumit.

Dan berprognose tidak selalu baik," jelas dokter di RS Permata Pamulang ini.

akar gigi22
Gambaran Anatomi Gigi 4 Dimensi, dengan kondisi akar yang saluran akarnya bercabang lebih dari satu.

Baca: Amankah ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19 ? Berikut Penjelasan Dokter Anastasia

Itulah mengapa, kata dokter yang juga membuka praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta ini menngingatkan seyogyanya kita semua bisa menjaga vitalitas dan kesehatan gigi kita sedini mungkin.

Bagaimana caranya?

"Upaya pembersihan seluruh permukaan gigi kita, lidah, juga gusi kita secara tepat setiap sehabis makan dan minum selain air putih, dan terutama saat menjelang tidur, " sarannya.

Dokter yang biasa disapa dokter Ana ini juga mengatakan upaya menjaga gigi adalah plus pembersihan karang gigi atas gusi maupun bawah gusi secara tuntas minimal 6 bulan sekali.

"Upaya pencegahan dini berupa tindakan pit and fissure sealant serta fluoridasi oleh dokter gigi adalah tindakan-tindakan dasar awal penting yang wajib dilakukan sedari dini, baik terhadap gigi susu maupun gigi permanen.." jelasnya lagi.

Kesehatan gigi dan semua jaringan dalam rongga mulut tidak berdiri sendiri. Karena gigi dan semua jaringan dalam rongga mulut adalah bagian dari tubuh kita.

Derajat kesehatan gigi-geligi beserta seluruh rongga mulut kita berperan penting dalam kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

"Ayo kita jaga kesehatan, stamina dan daya imunitas tubuh alami kita," pesan drg. R.Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati.

pengasuh rubrik konsultasi Gigi dan Mulut News, drg. R.Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati
pengasuh rubrik konsultasi Gigi dan Mulut News, drg. R.Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati (istimewa/dok pribadi)

Profil drg. R.Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati

Drg. R.Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati alumnus Fakultas Kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi gigi dan mulut News.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage - Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, dan praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio, serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca News yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com.
Semua jawaban akan ditayangkan di www.News.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat