androidvodic.com

Cegah Stroke dengan Meraba Denyut Nadi Sendiri - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News - Saat ini stroke menempati urutan pertama penyakit penyebab kematian di indinesia dan urutan kedua penyebab kematian di seluruh dunia, setelah penyakit jantung koroner.

Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospitals Manado, dr Vekky Sariowan, Sp JP mengatakan, ada dua macam tipe stroke ditinjau dari segi etiologi.

"Pertama, stroke yang disebabkan oleh sumbatan aliran darah atau yang dikenal dengan stroke iskemik dan kedua adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak atau Stroke Hemoragik," katanya saat saat webinar bertajuk Cegah Stroke dengan Menari (Meraba Denyut Nadi Sendiri) yang diadakan Siloam Hospitals Manado belum lama ini.

Baca: 6 Cara Memasak Ini Dapat Menurunkan Kolesterol serta Menghindari Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Dibandingkan, pecahnya pembuluh otak, ternyata sebagian besar kasus stroke justru disebabkan sumbatan aliran darah atau stroke iskemik.

"Sebanyak 2/3 dari total populasi pasien stroke terdiri dari stroke iskemik yang penyebabnya adalah cardioembolic," kata Vekky.

Baca: Waspada, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Cepat Terserang Stroke Pada Usia Muda

Salah satu langkah awal untuk mencegah terjadinya stroke adalah dengan melakukan deteksi dini penyakit fibrilasi atrium.

Fibrilasi atrium adalah suatu keadaan dimana serambi (atrium) jantung tidak berkontraksi secara normal atau hanya terjadi fibrilasi, menyebabkan jantung berdenyut secara ireguler.

"Keadaan ini menyebabkan aliran darah di serambi jantung menjadi stasis dan mudah terbentuk bekuan darah. Bekuan darah pada ruang jantung tersebut yang apabila terlepas dapat menyebabkan sumbatan aliran darah otak (cardioembolic)," katanya,

Pencegahan dan Pengobatan Stroke

Pedoman terbaru yang diterbitkan oleh perhimpunan dokter spesialis kardiovaskular Eropa tahun 2020, bahwa salah satu metode deteksi penyakit Fibrilasi Atrium (FA) adalah meraba nadi sendiri, terutama pada individu berusia di atas 65 tahun.

Menari menjadi penting untuk sebuah gerakan nasional masyarakat karena 30 persen penderita FA mengalami stroke sebagai gejala pertamanya.

Sebagaian besar stroke akibat FA bersifat lebih berat dan menyebabkan disabilitas yang lebih lama dan berat.

Cara adalah genggam pergelangan tangan anda, rabalah dengan jari telunjuk, tengah dan manis tonjolan tulang di bagian bawah pangkal ibu jari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat