androidvodic.com

Menkes Terawan Buka Jambore Virtual Tenaga Kesehatan Faskes Tingkat Pertama - News

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan Indonesia (Menkes RI) Terawan Agus Putranto secara resmi membuka acara jambore tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama secara virtual, Sabtu (14/11/2020).

Terawan mengatakan acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada tanggal 12 November lalu.

"Tema HKN, satukan tekad menuju Indonesia sehat sebagai seruan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat untuk berjuang menyelamatkan bangsa di masa pandemi," kata Terawan secara daring, Sabtu (14/11/2020).

Menkes menekankan pentingnya membangun kesadaran masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat.

Ia mengajak masyarakat agar tidak putus asa dan menyerah untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19.

"Saya mengimbau agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19," kata Terawan.

Baca juga: Menkes Terawan Ingatkan Protokol 3M Terus Dijalankan di Segala Aktivitas

Pembangunan kesehatan menurutnya telah berhasil memberikan akses pelayanan terhadap masyarakat yang berkualitas dan merata di seluruh tanah air.

Prevalensi kematian ibu dan bayi, prevelensi stunting hingga prevelensi buang air besar sembarangan menurutnya telah berhasil diturunkan. 

Namun, dengan pencapaian tersebut ditegaskannya jangan berhenti karena tantangan pembangunan kesehatan saat ini masih kita hadapi dan berdampak terhadap aspek kesehatan sosial dan ekonomi, serta terganggunya pembangunan di berbagai bidang.

"Karena Covid-19 sudah menjangkau semua provinsi dan tersebar di sebagian besar kabupaten kota," ujar Terawan.

Terawan menyebut pemerintah telah berupaya memenuhi segala macam yang dibutuhkan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.

Tenaga kesehatan juga terus bahu membahu melakukan rangkaian 3T, yakni tracing, testing, dan treatment dengan masif dan mengedukasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk melindungi diri dari pandemi Covid-19.

"Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup bila tidak didukung masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Tak lupa ia mengapresiasi para tenaga kesehatan terutama tenaga kesehatan di Faskes pertama atas pengabdiannya melayani masyarakat di tengah pandemi.

"Saya mengapresiasi tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang berjuang menyelamatkan bangsa dari pandemi Covid-19," kata Terawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat